Tuesday, October 11, 2011

Kontes 1st Indonesian For The World, Ciputat.


Jumat, 7 September 2011 

Arena Kontes
Hari ini waktunya Bench in ikan-ikan yang akan berlaga di kontes, Sehabis Maghrib gue dan Arif SL  sudah tiba di lokasi kontes yang ternyata sudah ramai oleh para peserta yang sedang mendaftar ulang ikan-ikannya. Seneng banget gue bisa kumpul-kumpul bareng lagi sama komunitas hobbiis yang gue cintai ini, canda dan tawa pun terdengar dimana-mana, apalagi ditambah datangnya salah satu orang yang gue hormatin banget yaitu KoYuyung Halim yang sudah lama gak aktif di cupang hias karena kesibukan beliau,  makin seneng aja jadinya. 



Setelah puas ngalor ngidul bercanda dan juga membahas seputar dunia kontes cupang gue pun jalan sama mas Yakin (Juri Nasional dari surabaya), Nur Gondrong (Joki dari Surabaya) untuk kehotel, namun sebelum ke hotel kami menjemput seorang teman, yaitu Kelson Say (Juri Dari Singapura) yang tidurnya juga bareng 1 hotel dengan kami. Dan lewat tengah malam pun saya mendapatkan kabar bahwa total entry adalah 644 ikan.
Ko Yuyung Halim (no 4 dari kiri)
Briefing sebelum penjurian

Sabtu 8 November 2011

Judgement Day! Setibanya kembali di lokasi para juri ternyata sudah berkumpul seluruhnya, kali ini ada 12 juri yang bertugas yaitu, M. Kamil, Edi Sudarjat, Joty Atmajaja, Hermanus Hariyanto, Hermansyah,  Agung Karim (gue sendiri), Ahmad Yusuf, Arif SL, Yakin, Harry, Resty, Kelson Say, dan beberapa Juri Apprentice (magang) IBC. Sebelum penilaian kami briefing untuk menentukan team dan pelaksanaan penjurian, lalu  para Juri pun dibagi menjadi 6 team, dan gue seteam sama Kelson. 


Dalam penjurian kali ini gue benar-benar dapet pengalaman baru, dengan basic yang begitu berbeda (gue yang berbasic SNI dan Kelson yang berbasic IBC) kami pun memulai penilaian, setelah dalam beberapa kelas menentukan nominasi saya melihat Kelson agak klop juga, mungkin karena dia sering bolak balik ke Indonesia untuk belanja ikan dan dateng ke kontes disini jadi dia sudah gak asing dengan penilaian disini. Setelah selesai nominasi kami pun lanjut dengan menentukan juara-juara di masing-masing kelas, nah dalam proses ini sempat terjadi sedikit kealotan dalam menentukan juara di beberapa kelas, namun semuanya bisa terselesaikan dengan baik juga. Akhirnya kami pun selesai menentukan juara di setiap kelas.
Setelah Juara 1 di masing-masing kelas di jejer dalam satu rak kami pun memulai untuk menentukan Best Division di masing-masing kategori dengan voting para juri.
Penghitungan Voting Best Division bersama saksi


Best Division Halfmoon (Betta Patriot-Bekasi)

Dimulai dengan kelas Kategori A (Halfmoon STM), Halfmoon Warna Abu-abu Solid dari kelas A3 dengan nomor Aquarium A3-772 Milik Betta Patriot-Bekasi pun muncul menjadi Best Division A setelah 6 Juri memilih ikan tersebut, mengungguli lawan-lawannya yaitu No A9-954 milik Agung Satriawan-Banten yang mendapatkan 3 suara, serta No Aquarium A1-802 milik Betta Religi-Manado mendapat 2 suara, No Aquarium A2-695 yang juga milik Betta Patriot yang juga mendapatkan 1 suara.
Best Division Double Tail (Jessda Attavicith-Thailand)

Pada kategori B (Halfmoon Double Tail) penghuni aquarium nomor B5-323 milik Jessda atavicith-Thailand Tanpa kesulitan yang berarti menjadi Best Division dengan 10 suara, jauh mengungguli lawan-lawannya yaitu penghuni aquarium B4-313 milik Team Justice-Philipine dan B1-320 yang juga milik Jessda Attavicith-Thailand yang masing-masing mendapatkan 1 suara.
Best Division Crowntail Dan BOS (Sheila Warwana-Bandung)

Di kategori C (Crowntail)Ikan CT Maskot nomor aquarium C4A-677 milik Sheilla Warwana-bandung unggul setelah melalui proses panjang dan benar-benar seru, pemilihan Best Division dilakukan hingga 3 kali dikarenakan terjadi Draw 2 kali dengan ikan CT Black Orchid nomor aquarium nomor C5-646 milik Choery Jayadi-Tanggerang. Pada proses pertama ikan maskot milik Sheilla mendapatkan 5 suara dan ikan Choery mendapatkan 5 suara juga, dan ikan nomor C6-310 milik Team Justice-Philipine mendapatkan 1 suara, dan 1 suara dinyatakan tidak sah. Pada proses kedua 12 juri kembali melakukan voting hanya untuk kedua ikan ini, dan ternyata masing-masing ikan mendapatkan 6 suara, ckckck bukan main. Di proses ketiga di sepakati untuk 5 juri saja yang melakukan voting, dan akhirnya Black Orchid milik Choery pun bertekuk lutut, Maskot milik Sheilla Warwana tersebut menang  4-1 atas lawannya. 
Best Division Plakat (Haris Ega-Purbalingga)

Di Kategori D (Plakad) ikan nomor aquarium D12-746 milik Haris Ega-Purbalingga menjadi yang terbaik di kategori ini dengan 7 suara setelah mengalahkan lawan-lawannya penghuni nomor aquarium D4-747 yang juga milik Haris Ega, dan nomor aquarium D6-639 milik Karya Betta-Tanggerang, D8-720 milik Bhayangkara-Depok, D9-617 milik Cece Runia Dinata-Medan yang masing-masing mendapatkan satu suara.
Best Division Opsional (Handoko Betta-Lumajang)

Di Kategori Opsional (Gabungan dari Form and Finnage, Giant, Kingcrowntail) ikan Halfmoon nomor aquarium  E1-714 milik Handoko Betta-Lumajang Menjadi yang terbaik setelah mengungguli lawan-lawannya yaitu para penghuni nomor aquarium E2-676, G1-678, G4-680 yang milik Sheilla Warwana-Bandung, lalu nomor aquarium G2-655 dan G6-654 milik Betta Patriot-Bekasi, dan aquariumE3-347 milik Al’S Betta-Tanggerang, dengan masing-masing 1 suara.
Best Division Super Junior (Bettaku Cupangku-Jakarta)

Di Kategori H (Super Junior) Ikan CT Mungil bernomor aquarium H1C-629 milik Bettaku Cupangku-Jakarta menjadi yang terbaik setelah mengantongi 6 suara mengalahkan jawara kategori mungil  lainnya yaitu  ikan nomor aquarium H1A-473 milik Kajsha dan Ali Lukmen Betta-Tanggerang dan H4-649 milik Remon Slipi-Jakarta yang masing-masing mendapatkan suara, serta nomor aquarium H2C-813 milik Hendra Satelit-Surabaya dan H3C-481 milik Vampire Betta Ciledug yang masing juga mendapatkan 1 suara.

Pada pemilihan Best Of Show, Jawara Best Division C (crowntail) milik Sheilla Warwana-Bandung pun menjadi yang paling terbaik diantara seluruh para Jawara, ikan CT maskot ini mengantongi 6 suara, mengungguli jawara-jawara Divisi Lainnya yaitu Jawara kategori B (doubletail) dengan 2 suara,  lalu jawara-jawara kategori A (halfmoon), D (plakat) dan Optional yang masing-masing mendapatkan satu suara.
Keseluruhan Juri Yang Bertugas
Wadi (perwakilan AL'S Betta) Menerima Trophy Juara Umum)

Juara umum dan Best Player kali ini di Borong oleh AL’S Betta Tanggerang.

Foto Almarhum Evoy Daffa

Namun ditengah-tengah kemeriahan kontes ini tersiar kabar duka, Inalillahi Wainailaihi Razziun salah seorang peserta kontes yaitu Evoy Daffa dari halim Jakarta tewas dalam kecelakaan tunggal, motor Almarhum jatuh di underpass jalan raya ciputat saat menuju kearena kontes pada hari Minggu Pukul 15.00 WIB, Almarhum sempat dibawa ke RS Terdekat namun pada malamnya sudah tidak tertolong lagi. Gue langsung teringat waktu di kontes Bandung yang lalu Alm. Nginep bareng gue dan Fandi di rumahg Fuad Achdiat, bahkan malam sebelumnya Alm. Sempet menyapa gue dan berbincang-bincang sebentar.
 Ya Allah terimalah saudara kami Evoy Daffa Disisi Mu, Dan Semoga Keluarga yang Ditinggalkan Diberikan Ketabahan.. Amin YaRabb


DAFTAR JUARA 

A1       802    BETTA RELIGI / MANADO                
            477    MARK HESTER HAO / PHILLIPINE      
            631    BETTAKU CUPANGKU / JAKARTA
  
A2       695    BETTA PATRIOT / BEKASI              
            657    BETTA PATRIOT / BEKASI              
            853    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK
    
A3       772    BETTA PATRIOT / BEKASI                  
            517    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN      
            529    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN

A4       393    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG         
            950    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN      
            900    CHOERY JAYADI / TANGERANG
 
A5       831    MARTINUS JOHAN MOSI / JAKARTA       
            Kosong                                       
            Kosong
              
A6       325    JESDA ATTAVICITH / THAILAND         
            557    MY FISH CITY / EDWARD              
            460    PUTRA RIAU (RBC) / RIau
  
A7       904    CHOERY JAYADI / TANGERANG         
            368    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN      
            702    ANDIKA PANGUDIAN / BEKASI

A8       701    ANDIKA PANGUDIAN / BEKASI         
            566    AINAK BETTA FISH / JAKARTA      
            793    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK

A9       954    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN         
            578    AINAK BETTA FISH / JAKARTA      
            565    AINAK BETTA FISH / JAKARTA
          
    
B1       320    JESDA ATTAVICITH / THAILAND         
            476    MARK HESTER HAO / PHILLIPINE      
            846    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK

B2       397    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG        
            494    IRVAN / JAKARTA              
            533    PUTRA RIAU (RBC) / RIAU

B3       403    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG         
            495    IRVAN / JAKARTA                      
            835    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK

B4       313    TEAM JUSTICE / PHILLIPINE         
            475    MARK HESTER HAO / PHILLIPINE      
            Kosong
    
B5       323    JESDA ATTAVICITH / THAILAND         
            330    UNIQUE BETTA / JAKARTA              
            948    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN

  
C1       907    CHOERY JAYADI / TANGERANG         
            464    KAJSHA & ALI LUKMEN BETTA / TANGERANG  
            505    JHONATHAN SUDARPO / KARAWACI

C2       466    KAJSHA&ALI LUKMEN BETTA/ TANGERANG   
            436    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG         
            308    TEAM JUSTICE / PHILLIPINE
  
C3       309    TEAM JUSTICE / PHILLIPINE      
            861     ERIK & WIRYAWAN / SURABAYA  
            659    BETTA PATRIOT / BEKASI
  
C4A    677    SHEILA WARWANA / BANDUNG      
            830    MARTINUS JOHAN MOSI / JAKARTA      
            685    BETTA PATRIOT / BEKASI

C4B    353    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN      
            502    BETTA'S PRIOK / JAKARTA          
            357    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN

C5       646    CHOERY JAYADI / TANGERANG      
            860    ERIK & WIRYAWAN / SURABAYA      
            908    CHOERY JAYADI / TANGERANG

C6       310    TEAM JUSTICE / PHILLIPINE      
            743    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA      
            314    JESDA ATTAVICITH / THAILAND

C7       909    CHOERY JAYADI / TANGERANG      
            471    KAJSHA & ALI LUKMEN BETTA / TANGERANG  
            441    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG

C8       311    TEAM JUSTICE / PHILLIPINE      
            528    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN      
            364    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN
  
      
D1       887    ERIK & WIRYAWAN / SURABAYA      
            605    BETTA CAROTEN / JAKARTA          
            665    SHEILA WARWANA / BANDUNG

D2       507    JHONATHAN SUDARPO / KARAWACI      
            825    HENDRA SATELIT / SURABAYA      
            761    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA

D3       427    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            508    JHONATHAN SUDARPO / KARAWACI      
            719    BHAYANGKARA BETTA / DEPOK

D4       747    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA      
            421    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            820    HENDRA SATELIT / SURABAYA

D5       645    TIARA BETTA / DEPOK          
            551    BATIGOL / BOGOR              
            376    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN

D6       639    KARYA BETTA / TANGERANG          
            912    CHOERY JAYADI / TANGERANG      
            317    JESDA ATTAVICITH / THAILAND

D7       748    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA      
            569    AINAK BETTA FISH / JAKARTA      
            749    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA

D8       720    BHAYANGKARA BETTA / DEPOK      
            463    PUTRA RIAU (RBC) / RIAU          
            890    ERIK & WIRYAWAN / SURABAYA

D9       617    CECE RUNIA DINATA / MEDAN      
            332    UNIQUE BETTA / JAKARTA          
            672    SHEILA WARWANA / BANDUNG

D10     416    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            803    BETTA RELIGI / MANADO          
            933    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN
      
D11     425    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            306    BLACK SYNDICATE / PHILLIPINE      
            319    JESDA ATTAVICITH / THAILAND

D12     746    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA      
            716    BHAYANGKARA BETTA / DEPOK      
            810    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA

D13     752    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA      
            420    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            419    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG
                      
  
E1        714    HANDOKO BETTA / LUMAJANG      
            839    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK      
            801    BETTA RELIGI / MANADO

E2        676    SHEILA WARWANA / BANDUNG      
            562    MY FISH CITY / EDWARD          
            894    ERIK & WIRYAWAN / SURABAYA

E3        437    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            472    KAJSHA & ALI LUKMEN BETTA / TANGERANG  
            744    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA


F1        372    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN
              
F2        512    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN
              
F3        531    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN
              
  
G1       678    SHEILA WARWANA / BANDUNG      
            736    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA      
            449    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG

G2       655    BETTA PATRIOT / BEKASI          
            447    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            616    DENNI PRANSISCO / MEDAN
  
G3       648    REMON SLIPI / JAKARTA          
            815    HENDRA SATELIT / SURABAYA      
            510    CIPUTAT BETTA / TANGERANG

G4       680    SHEILA WARWANA / BANDUNG
            Kosong
            Kosong
              
G5       540    IMAN WARDHANA / TANGERANG
            Kosong
            Kosong
              
G6       654    BETTA PATRIOT / BEKASI          
            445    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            446    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG

  
H1.A   473    KAJSHA & ALI LUKMEN BETTA / TANGERANG  
            408    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            627    BETTAKU CUPANGKU / JAKARTA

H1.B   504    BETTA'S PRIOK / JAKARTA          
            626    BETTAKU CUPANGKU / JAKARTA      
            409    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG
  
H1.C    629    BETTAKU CUPANGKU / JAKARTA      
            410    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG      
            509    JHONATHAN SUDARPO / KARAWACI

H2.A    624    HENRY S BETTA COLLECTION / BANDUNG  
            630    BETTAKU CUPANGKU / JAKARTA      
            913    CHOERY JAYADI / TANGERANG

H2.B    800    BETTA RELIGI / MANADO          
            838    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK      
            758    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA

H2.C    813    HENDRA SATELIT / SURABAYA      
            806    BETTA RELIGI / MANADO          
            848    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK

H3.A    337    UNIQUE BETTA / JAKARTA          
            700    BETTA PATRIOT / BEKASI          
            662    BETTA PATRIOT / BEKASI

H3.B    634    KARYA BETTA / TANGERANG          
             845    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK      
             789    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK

H3.C    481    VAMPIRE BETTA / CILEDUG          
            777    BETTA COMMUNITY DEPOK / DEPOK      
            706    AGUNG SATRIAWAN / BANTEN

H4       649    REMON SLIPI / JAKARTA          
            612    DENNI PRANSISCO / MEDAN          
            651    BETTA PATRIOT / BEKASI

  
I           606    BETTA CAROTEN / JAKARTA          
            862    ERIK & WIRYAWAN / SURABAYA      
            487    KAJSHA & ALI LUKMEN BETTA / TANGERANG



Best Div. A     A3-772    BETTA PATRIOT / BEKASI  

Best Div. B     B5-323    JESDA ATTAVICITH / THAILAND  

Best Div. C     C4A-677    SHEILA WARWANA / BANDUNG

Best Div. D     D12-746    HARRIS EGA (IMUT) / PURBALINGGA  

Best E,G,I       E1-714    HANDOKO BETTA / LUMAJANG
              
Best Div.H      H1C-629    BETTAKU CUPANGKU / JAKARTA
              
BOS                C4A-677   SHEILA WARWANA / BANDUNG  
          
Best Player    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG  
              
Juara Umum    AL'S BETTA / PD CABE TANGERANG    

Selamat kepada Seluruh Juara..!


Jika Ada Kesalahan Penulisan Nama dll tolong message saya di Facebook atau email Ke Bettaholics@gmail.com


         

No comments:

Post a Comment