Thursday, October 23, 2014

Kontes Cupang Hias Regional Indramayu dan Sekitarnya 12 Oktober 2014



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Allow All.. Kali ini gw mau Nulis agak panjangan nih hehehe.




Ini Kontes perdana di kampung halaman gw, hehehe gw sendiri gak nyangka bisa bikin kontes di sini. Awal mulanya ketika orang Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu mengontak, kaget dan seneng juga dengernya, karena biasanya kita yang berusaha pendekatan ke Dinas agar Dinas bisa mensupport kontes, ini malah dari Dinas sendiri yang berminat, Pucuk dicinta Ulam pun tiba! hehehe, karena gw juga emang dah lama ingin mengembangkan potensi ikan cupang hhias di Indramayu.

Setelah mendapat telp, gak pake lama gw langsung ngacir ke Indramayu, sekalian urus kerjaan. Sampai disana gw ketemu dengan Pak Rahmat (Dari pihak Dinas) untuk membicarakan kontes, ternyata kontes ini ingin diadakan bersamaan dengan pameran pembangunan hari Ultah Kab. Indramayu, yang pembukaan pamerannya hanya tinggal beberapa hari lagi, welehh mepet bener waktunya. Berhubung pada tanggal 18-19 Okt nya ada kontes nasional di Ciganjur jakarta maka gw ambil tanggal di tanggal 12 Oktober itu artinya gw cuman punya waktu kurang lebih sepuluh hari untuk menyiapkan kontes, ckckcckck.

Karena waktu persiapan yang sempit akhirnya gw cuman bikin 10 kelas, agar persiapannya bisa lebih cepat. tapi walaupun waktu yang sempit gw juga gak main2 dengan persiapan, Alhamdulillah tukang piala langganan menyanggupi untuk membuat piala yang bagus dalam waktu sempit, karena gw memang biasanya gak mau mengecewakan peserta dengan piala yang asal2an. Dan syukur juga Bang Edi S juga berkenan saat gw minta untuk menjadi juri juga bareng gw disana, lalu Om Arif SL juga berkenan membantu untuk merekap.

Awal nya gw juga agak ragu dengan peserta nya, karena gw juga belom tau dan belom pernah mengenal cupangers yang berasal dari Indramayu, Cirebon dan sekitarnya. Setelah gw naikin status di Facebook, ternyata banyak respon juga dari sahabat-sahabat di wilayah ini, syukur Alhamdulillah,

Banyak pula pemain2 kawakan kontes yang telpon dan ingin ikut berpartisipasi dan , namun gw cegah juga mereka untuk ikutan, walaupun dengan konsekuensi peserta yang sedikit dan pemasukan panitia jadi berkurang tapi bagi gw gak masalah. Bukannya apa2 gw cuman gak mao kalo pemain2 lokal nya akhirnya cuman jadi penonton dan cuman bisa nyengir2 getir saat juaranya di sapu bersih sama sahabat2 yang udah pada jamuran dan lumutan di kontes hehehe. Gw pengen para pemain lokal lah yang saling berkompetisi, karena gw yakin banyak juga para pemain lokal yang belum pernah datang dan merasakan atmosfir kontes.

Hari Sabtu 11 Oktober gw berangkat dari Bekasi naek mobil Pick Up ngangkut aquarium ke Indramayu, bussett puanassnya bukan maen, tapi hajjar terussss, hehehe. sesampainya gw di Indramayu gw langsung kelokasi di GOR Singalodra, dan langsung mempersiapkan arena tempur, Alhamdulillah Bapak2 dari Diskanla benar2 kooperatif dan banyak membantu. Setelah arena beres gw langsung ke Jatibarang untuk jemput Bang Edi dan Om Arif yang naik kereta dari Jakarta dan mereka berdua pun menginap dirumah gw yang di Jatibarang.

Minggu pagi gw berangkat Ke arena kontes, ternyata disana sudah banyak juga sahabat2 cupangers yang hadir dari Indramayu, Cirebon dan ada juga yang dari Purwokerto ckckcck Om Iyan nekad juga naek motor dari Purwokerto. Seneng juga gw bisa kenal sama sahabat2 cupanger di kampung halaman sendiri dan gw pun asyik ngobrol dan diskusi dengan para sahabat2 baru cupangers ini, ternyata lumayan juga potensinya, dan gw yakin kalo di garap dengan baik maka potensi Cupang hias Di Indramayu dan Sekitarnya akan berkembang pesat.

Setelah seluruh peserta memasukkan ikannya, ada 53 ekor ikan yang berkompetisi, cukup lumayanlah sebagai awal. Dan gw sama Bang Edi pun langsung melakukan tugas penjurian dengan mengajak juga dua orang peserta dari Indramayu yakni Tablong (Indramayu Cupang) dan Vidi (betta soliter Cirebon) sebagai pendamping dan untuk belajar juga, ternyata ikan2 yang turun pun cukup lumayan bagus kualitasnya. Dengan peserta yang sedikit maka penjurian pun selesai dengan cepat, terjadi kealotan saat penentuan BOS, ikan Halfmoon milik Vidi Cirebon bersaing ketat dengan Crowntail maskot milik Betta Jaya, namun Akhirnya Halfmoon milik Vidi pun bertekuk lutut dan harus mengakui keunggulan Crowntail Maskot milik Betta Jaya.



DAFTAR JUARA
KONTES IKAN CUPANG HIAS
GOR SINGALODRA KABUPATEN INDRAMAYU
MINGGU, 12 OKTOBER 2014

A.      SERIT
A.1 DASAR
            1. 42 BETTA JAYA
            2. 21 VIDI
            3. 11 BUDI
A.2 KOMBINASI
            1. 38 BETTA JAYA
            2. 08 NANA ZTB
            3. 12 BUDI
A.3 BEBAS
            1. 23 VIDI
            2. 35 PUGUH WIDAGDO
            3. 22 VIDI
B.      HALFMOON
B.1 DASAR
            1. 04 TABLONG
            2. 40 BETTA JAYA
            3. 44 BETTA JAYA
B.2 BEBAS TERANG
            1. 29 VIDI
            2. 30 VIDI
            3. 45 BETTA JAYA
B.3 BEBAS GELAP
            1. 34 PUGUH WIDAGDO
            2. 43 BETTA JAYA
            3. 02 YAN SARAGIH
C.      PLAKAT
C.1 DASAR
            1. 27 VIDI
            2. 28 VIDI
            3. 46 BETTA JAYA
C.2 BEBAS TERANG
            1. 39 BETTA JAYA
            2. 17 VIDI
            3. 19 VIDI
C.3 BEBAS GELAP
            1. 36 ASEP
            2. 06 ADE
            3. 41 BETTA JAYA
D.     GIANT
1.      14 VIDI
2.      15 VIDI
3.      16 VIDI

BOS SERIT KOMBINASI (38) BETTA JAYA



Cukup puas juga gw dengan kontes perdana ini, dan gw jadi berharap banyak semoga Diskanla Indramayu bisa terus mensupport perkembangan Cupang Hias di Indramayu dengan rutin mengadakan kontes, moga2 kedepannya juga bisa mengadakan kontes yang minimal Regional Open sehingga pemain dari berbagai daerah pun bisa hadir dan berkompetisi di Bumi Wiralodra ini.

Kami ucapkan Terimakasih yang sebesar2 nya kepada DISKANLA Kab. Indramayu yang usdah berkenan mengadakan kontes Cupang Hias!

Terimakasih Juga Pada Pak Rahmat yang sudah ikut bersusah payah demi suksesnya kontes ini, U r Rocks Pak! hehehehe

Maju Terus Cupangers Dermayu!

1 comment:

  1. Salam cupangers indramayu (y), tempat tinggal ny di mana gan ??

    ReplyDelete