Friday, January 17, 2014

Merawat Ikan Cupang Hias Jawara Kontes Ala Agung Karim



Assalamualaikum..



Allow All.. Kali ini gw mau kupas tuntas tentang perawatan ikan kontes yang biasa gw terapin untuk ikan2 kontes kesayangan gw. Dan sebelumnya gw ingatkan pada sahabat2 cupangers bahwa tulisan gw ini bukan untuk di perdebatkan apalagi di banding2 kan dengan cara merawat hobiis lain atau pun buku2 hingga menimbulkan polemik, apa yang gw tulis ini bukan lah suatu teori atau pun retorika, semuanya berdasarkan pengalaman gw main kontes ikan cupang hias sejak 13 tahun yang lalu dan yang gw tulis disini adalah yang biasa gw terapin sejak tahun 2002.


Sebagai opening sebelumnya gw mau sedikit cerita narsis dulu ya hehehe

Sejak pertamakali ikut kontes di awal tahun 2000an sudah  gak ke hitung berapa banyak piala yang gw raih dari berbagai kontes gw turun ikan dikontes2 dulu memang gak suka terlalu banyak biasanya antara 3-6 ekor  karena memang kelasnya gak terlalu banyak banget, antara 9-12 kelas di Serit. Waktu dapet Juara umum di JHCC thn 2003 pun gw cuman turun 10 ekor, sukses menggondol 7 Trophy Juara I  (waktu itu sudah ada Kategori Halfmoon, DT dan PK kalo ga salah) 



Postur besar dan kekar di imbangi dengan serit yang gede dan tebal2 menjadi ciri khas ikan2 gw. Ada salah satu ikan yang berkesan banget bagi gw walaupun ikan ini gak pernah meraih GrandChampion, Dulu di sekitar tahun 2003-an ada salah satu ikan serit merah gw yang fenomenal mendominasi salah satu kelas Senior (6cm up) dengan menyabet 5x Juara I Senior Dasar Merah  sejak pertama kali gw turunin di kontes Jak Aquazoo (Piala Gubernur pertama) Juli 2003 di kemayoran, Juara l di kontes Bandung, Juara I di Kontes Slipi Jaya, Juara I di kontes Piala Presiden di Semanggi Expo Jakarta lalu tutup prestasi Juara I di Kontes PPIH Cengkareng, bahkan sebelum terakhir turun di Cengkareng ikan ini sempat di breed oleh Bang Edi Sudardjat namun gagal sebabnya udah gak bisa nekuk betina karena kegedean body banget (terakhir turun di cengkareng  dengan Size hamper 10 cm. kalo kata anak gw mah segede gaban ikanna :D ).


Hal seperti diatas lah yang seringkali para hobbiis begitu penasaran dan bertanya gimana cara merawat ikan2 kontes, dan gw sebenerya gak pernah pelit untuk sharing, namun orang2 kadang2 sejak dulu suka menduga gw memakai obat dan pakan2 tertentu yang gw rahasiain hehehehe . terutama dari dulu paling sering  gw disangka menggunakan pakan dengan bahan sarang wallet (kebetulan memang gw juga punya gedung2 walet), bahkan waktu tahun 2010 gw pertama kali ketemu dan kenal sama Wan Aboo (Abu Fardin) waktu die masih baru2 main cupang di farm Arief SL, Dia langsung nanya ma gw, masih ngasih makan ikan pake sarag walet, dan ngolahnya gimana ?, kata gw ente dapet cerita kaya begitu darimana?, dia bilang dari orang2 lama katanya, weleh hehehe aya2 wae. 

Kita masuk ke masalah perawatan, gak dipungkiri waktu awal2 masih belajar gw memang udah banyak mencoba dan bereksperimen dengan berbagai metode dari air, pakan beku dari berbagai olahan, obat untuk memperkuat warna , memperkuat tulangan serit dll. Sampai dah beberapa kali ikan gw mati, ada juga yang sukses tapi setelah 2 kali kontes mati2 juga hehe. 

Gw biasa rawat 2 jenis ikan cupang hias yakni Serit/crowntail dan halfmoon, karena sama2 ekor panjang dan cara merawatnya pun sama dari ritme pemberian pakan dan pergantian airnya pun tidak berbeda.


Ok, kita lanjut ke teknis perawatan :


1. Tempat/ lokasi kita merawat ikan


Ada dua tempat yang pernah gw pake di rumah gw untuk menaruh ikan2 kesayangan gw, yakni  Indoor dan semi outdoor, dulu gw ngerawat ikan di kamar khusus naro ikan dan garasi, tapi setelah gw bangun tempat semi outdoor di samping rumah waktu k 2010 semua ikan gw di tarh di sana, di rawat di kedua tempat itu  (indoor dan semi outdoor) gak ada perbedaan yang signifikan, ikan2 gue sama bagus dan baiknya, di kedua tempat itu pun gw gak pernah menggunakan heater walau kondisi cuaca pada musim hujan yg cukup dingin.





2. Aquarium wadah pemeliharaan


aquarium nisso uk S, aquarium kaca uk 15x15x25 dan aquarium kaca uk 15x15x20

Ada 3 macem ukuran yang biasa selalu gue gunain yakni aquarium Nisso ukuran S gw lupa ukuran panjang kali lebar dan tingginya, yang kedua aquarium kaca ukuran 15x15x25, dan yang ke tiga adalah aquarium kaca ukuran 15x15x20, ketiga aquarium tersebut mempunyai fungsi berbeda, aquarium pertama dan kedua untuk perawatan kontes sedangkan yang ketiga untuk treatment ikan jika kondisi ikan kelihatan kurang sehat. Gw lebih suka rawat pake aquarium yang pertama soalnya ikan biasanya agak lebih cepat besar jika di taruh di aquarium itu, namun juga kita harus memperhatikan kondisi si ikan, ada ikan2 yg tidak cocok di taruh di aquarium ukuran besar2, ciri2nya biasanya ikan akan terlihat seperti gelisah gak mau diem mondar mandir kayak pak RT lage ngincer janda sebelah hehehe, kalo udah begitu biasanya gw pindahin ke aquarium ke dua, kalo masih mondar mandir gak bisa diem juga biasanya gw tutupin/bungkus aquariumnya pake plastik item agar ikan tenang. 

3. Air

media filter batu zeolit dan arang

Beberapa sumber air pernah gw coba, berhubung rumah sumber airnya cuman dari PAM, dulu waktu pertama2 miara ikan gw gak berani make air pam ini dan gw pernah sampe bela2in ngambil air sumur dari rumah gw yang lain di daerah narogong (gw tinggal di taman kartini bekasi) hehehe, air isi ulang pernah gw pake, air merk aqua gw pernah pake juga (ini gw kaga rekomendasiin soalnya lumayan nguras kantong and di protes bini, "anak aja gak mandi pake aqua, ikan koq di kasih aqua hehehehe)... ujung2nya gw coba aja pake air pam, ternyata alhamdulillah bagus hasilnya, air pam biasanya gw tampung di dalam penampungan (drum) lalu gw filter sirkulasi selama minimal 24 jam pake filter2 yang biasa di taro diatas aquarium dengan media penyaringan batu zeolit lalu arang di atasnya (arang biasanya gw pake merk amca). gw pernah juga make air sumur di filter seperti ini hasilnya pun bagus. 

tempat penampungan air saat di filter sirkulasi selama minimal 24 jam

Setelah gw filter sirkulasi minimal selama 24 jam (kalo lebih dari 24 jam juga malah lebih bagus) baru gw pake untuk mengisi aquarium2 ikan gw dan di tambah sedikit garam ikan, air di aquarium biasanya gw isi agak tinggi kalo di aquarium nisso malah cenderung hampir penuh (lihat foto2 di rak aquarium gw), CT ma HM bukan ikan peloncat indah kaya PK jadi gak usah takut2, gw gak pernah gunain blitz ich untuk tambahan di aquarium rawatan. Air aquarium biasanya gw ganti total minimal 3 hari sekali, tergantung mood kalo lg rajin bisa dua hari sekali, bahkan kalo lagi ngejar size bisa setiap hari gw ganti air (ikan akan lebih cepat pertumbuhannya kalo kita rajin ganti air) .Untuk pencegahan penyakit biasanya gw mandiin ikan seminggu sekali, siapin wadah/baskom dikasih air di campur garam yg agak banyakan ma blitz ich yg banyak juga, takerannya gw gak tau pasti2 nya, tapi biasanya sih garem 2 sendok makan penuh + blitz ich banyaknya ngira2 duank (awas jangan masukin kembang yeh apalagi tambah menyan ke dalem baskom hehehe), lalu ikan di masukin ke situ selama 1-2 menit, jangan lama2 yak bisa mati tuh ikan soalnya, setelah itu baru gw balikin ke aquariumnya lagi.

untuk menangkap ikan

Untuk penggantian air gw biasanya menangkap ikan pake semacem tempat eskrim dll, ikan gw tangkep trus gw biarin di tempat itu (kalo memang takut naro di tempat kecil kaya gitu gpp di pindahin ke aquarium /wadah sementara), lalu aquariumnya gw cuci dan jangan pernah nyuci aquarium pake sabun yacukup pake sponge/busa sampe bersih lalu isi kembali air dan ikan kembalikan ke aquariumnya.

daun ketapang

Penggunaan daun ketapang juga bagus tapi gw hanya memberikan untuk treatment kepada ikan yang bener2 udah parah sradak sruduk gelisah bolak balik aquarium (ada beberapa kasus ikan sampe kaya mw loncat2 dari aquarium yang akhirnya bikin seritnya jd patah2 kaya goyangnya anisa bahar), kalo udah ada masalah kaya begitu gw langsung kasih daun ketapang agar ikan merasa lebih nyaman dan juga di bungkus plastik item aquariumnya selama beberapa hari biar galaunya ilang. Kalo untuk perawatan harian gw gak pake daun ketapang karena warna air menjadi gelap gw gak bisa kontrol keseluruhan kondisi dan perkembangan ikan, kalo ada gejala2 kempes kita gak bisa langsung tau, apalagi, pas sadar2 ikan udah pada kering seritnya karena telat penanganannya. Jika sahabat pengen menggunakan daun ketapang untuk rawatan harian saran saya, jangan sampai terlalu gelap airnya agar kita masih bisa mengontrol kondisi ikan.

4. Pakan

cuk
Ada dua jenis pakan yg gue gunain, yaitu pakan hidup cuk dan pakan beku olahan sendiri dari udang. Kalo cuk biasanya gw cari sendiri di got2 sekitaran komplek gw lumayan gampang di cari cuman dengan resiko pas lagi ngorek2 got didepan rumah orang tiba2 ada cewek cakep nongol dari dalem rumah ngeliatin kita whehehe lumayanan malunya, tapi demi hobby yah muka tembok aja. Tapi cuk juga lumayan agak jarang kalo lg musim hujan agak sulit nyarinya, nah biasanya gw kalo udah begini nyerok cuknya di farmnya Bip atau farm temen2 yg lain hehehe. Cuk sebelum di berikan harus di bersihkan yah, dan di teteskan blitz ich biar gak bawa penyakit.

udang windu
Udang yang gw gunain sebagai pakan ikan adalah udang windu, dari berbagai jenis udang yang gw pernah coba untuk pakan ikan yang gw rasa paling bagus adalah udang windu, udang ini udah gw gunain untuk pakan sejak tahun 2002, ikan lebih lahap makannya, fungsi pemberian pakan udang adalah untuk mempertebal body ikan dan serit2nya, serta memperkuat warna. Sebelum diberikan pada ikan udang harus kita olah dulu (ya iya lah lah kudu di olah wong udang windu ma ikannya gedean udangnya), cara mengolahnya adalah sebagai berikut :

- Biasanya gw ngolah cuman 2-3 ekor udang windu yg size gede udah cukup banyak.
- Kupas kulit udang dan copot kepalanya, hanya daging nya yang di olah, nah kulit dan kepalanya kalo mau di makan sendiri juga ga papa hehehe.
- Daging udang di cincang halus.
- Setelah di cincang lalu disaring menggunakan saringan santan (teknik begini gw terinspirasi dari liat bini bikin makanan buat anak pertama gw si Alex waktu masih baby ), cara menyaringnya adalah taruh udang yang telah di cincang di atas saringan lalu di tekan2/dibenyek2/dipenyet2 hingga tersisa serat2 kasarnya aja, lalu kita ambil hasil saringan (yg di belakang nya yah kalo yg kasar2 di depan buat yg ngolahnya aja :P ) setelah itu taruh dalam plastik dan masukkan ke freezer.

saringan santen
Cara memberi pakan udang ke ikan (ini yg repot dan butuh kesabaran sendiri) adalah kita ambil secukupnya taro di sendok lalu menggunakan lidi di cuil kecil kira2 segede mulutnya ikan lah lalu di kasih makan ke ikan kek nyuapin getu (ini juga bini protes, anak sendiri aja gak pernah disuapin katanya hehehe), jangan di taruh begitu aja dengan banyak di aquarium, bikin aquarium cepet kotor dan bau, setelah pemberian pakan, sisa2 pakan yg ada didasar aquarium usahakan di serok yah pake serokan halus biar gak kotor dan bau.

Pemberian pakan biasanya gw selang seling, pagi gw kasih cuk siang gw kasih udang sore kasih cuk, malem kasih udang, kalo gw nya lage sibuk yah paling malemnya aja yang gue kasih udang, pemberian udang gak usah di jadiin beban harus kaya selang seling tadi, sesuaikan aja ma aktifitas harian kita. Biasanya ikan pertama kali dikasih ada yg nolak udang, kalo udah gitu si ikan di puasain aja dulu seharian baru kita kasih makan udang. Yang paling terpenting harus kita perhatikan adalah ikan harus terjaga nafsu makannya paling puyeng kalo liat ikan super tapi gak doyan makan..

Iklan dlu biar ga stres :D
Sudah sejak lama gw gak menggunakan obat2an penguat warna dan obat2an penguat tulang tapi kalau sahabat cupangers penasaran ingin mencoba menggunakan obat2an tersebut ada cara pemberian pakan obat penguat baik warna maupun kalsium yang lumayan aman yaitu dengan menggunakan media cuk, misal obat penguat warna seperti CR 6 (penguat warna merah) dan CR 5 (Penguat seluruh warna) produksi white crane (googling aja sendiri yah barangnya) si cuk kita taro di air yang udah di kasih obat tersebut lalu di biarin aja beberapa jam biasanya cuk juga ikut jadi merah (kalo CR 6), lalu kita kasih ke ikan. Begitu juga dengan kalsium/kalk, si cuk kita taruh di air yang udah kita kasih kalk yg cukup banyak lalu di biarkan beberapa jam setelah itu kita kasih ke ikan, biasanya kotoran ikan cuknya masih agak2 utuh (si cuk jadi stroong). Tapi yang terbagus adalah hindari penggunaan obat2an kimia tadi.

kutu air

Selain pakan dua di atas tersebut gw kadang2 suka ngasih kutu air untuk camilan selingan biar gak bosen si ikan makan makanan yang itu aja, bahkan ada juga ikan2 yang tidak begitu suka memakan cuk tapi lebih suka kutu air.

5. Perawatan harian.

Cara gw merawat harian ikan2 sebenernya hampir sama dengan pada umumnya mungkin karena gw bener2 hobby dan rasa kecintaan gw terhadap ikan cupang hias terutama jenis serit jadi gw selalu meluangkan waktu2 gw untuk memeliharanya dan juga mempunyai jiwa kompetisi da selalu mempunyai tekad yang tinggi untuk menjadi Juara sehingga gw bisa memaksimalkan form ikan. Merawat ikan serit agar menjadi Jawara sebenarnya bukannya susah/sulit namun butuh perhatian dan dedikasi lebih yang kadang kala terbentur dengan aktivitas kita dalam mencari nafkah demi menyambung kelangsungan hidup di dunia yang kejam ini. Gw sendiri kalo lagi sering banyak kegiatan di luar kota hingga berminggu dan jarang pulang gak akan pernah mau miara ikan karena gw tipe orang yang lebih seneng dan puas merawat dengan tangan sendiri. 

Salah satu kunci keberhasilan dalam  merawat ikan kontes kita juga musti ingat bahwa Ikan cupang hias juga seperti mahluk hidup lainnya yang mempunyai karakter2, selera dan tingkat kenyamanan yang berbeda pada masing2 ikan seperti yang tadi gw bilang diatas, ada ikan yang suka di aquarium besar, ada yang suka di aquarium kecil, ada yang doyannya cuk ada juga yang doyan kutu air ada juga yang doyannya udang aja, ada yang rakus apa aja di embat (ini yg gw suka ikan tipe begini) jadi kita sebagai pemilik dan perawat ikan juga harus peka dan memahami apa yang di inginkan si ikan kelangenan kita.

Iklan lagi

Perawatan antara ikan bahan dan ikan yang sudah jadi (siap turun kontes) ada banyak perbedaan berikut perbedaanya :

*Perawatan ikan bahan (masih kecil)-sampe dengan size max ukuran baby di kontes (4,5cm)

Ikan bahan yang biasa gw rawat rata2 gw pungut dari breeder mulai ukuran 3cm, biasanya gw ambil dari farm antara 3-5 ekor ikan dari satu line indukan, pada saat baru dateng gw langsung taro di akuarium ke dua (15x15x25) biasanya gw amatin selama karakter si ikan selama 2-3 hari sambil memperhatikan kelemahan2 ikan dan menseleksi mana ikan2 yang bakal menjadi unggulan dan akan gw titik beratin/lebih fokus dan intensif perawatannya, diwaktu ganti air pertamakali ikan2 yang terlihat unggul dari segi form dan juga tulangannya terlihat kuat dan tenang mainnya langsung gw naikin ke aquarium nisso tapi walaupun ada bahan yang mempunyai tulangan yg terlihat kuat namun mainnya agak kurang tenang dan agak grabak grubuk biasanya gw tetep biarin di aquarium ke dua  untuk meminimalisir resiko patah/rusak, serta ikan2 yg agak lemah jg tetap di aquarium kedua.

menjantur ikan karena ikan ini bukaannya kurang lebar dan ada spasi bawahnya belum ngebuka
jantur juga karena bukaannya kurang lebar
Ikan2 kecil yang formnya kelihatan sudah jadi kita biarkan jangan sering2 membuka sekat, membuka sekat hanya untuk mengontrol kondisi ikan saja, namun buat ikan2 yang formnya  belum jadi seperti bukaannya agak kurang lebar dan pecahan tulang raynya belum rata biasanya gw jantur/kedokin terus menerus pake ikan rijek yang di taruh di dalam toples kecil dan gw taruh di belakang aquarium yang posisinya kira2 di tengah2 agar jangan sampai pas lagi main fin atasnya kena permukaan ikan dan fin bawahnya juga jangan sampe kena dasar aquarium, lama menjantur kurang lebih selama antara 1-2 jam di pagi dan juga waktu malam, untuk ikan yang seperti ini gw spekulasi mw jadi bagus yah bagus sekalian, mw rusak/patah/bengkok gara2 kelamaan di jantur juga ya udah gak papa rusak sekalian.


Pemberian pakan pada ikan2 kecil harus selalu tersaji karena dalam masa pertumbuhan mereka makan lebih banyak daripada ikan2 dewasa, kalau kita pada pagi kita berikan udang tetep di tinggalkan cuk didalam aquarium secukupnya , apalagi misal kita kerja pagi sampe malam, di pagi hari berikan cuk dengan sisa yang cukup kira2 untuk sampe si ikan kecil makan sampe siang/sore saat kita kembali pulang, begitupun makan malam sama seperti pagi tadi.

Menjemur
Menjemur ikan bukanlah kewajiban, mw di jemur yah bagus, tidak dijemur juga gak papa dan tidak semua ikan boleh di jemur, ikan dengan basic warna2 hitam tidak boleh di jemur sama sekali karena ikan2 warna hitam biasanya panik dan grabag grubug gak keruan kalo di jemur. Dulu waktu ikan gw masih di taro di garasi  yang panas matahari paginya deket ma tempat naro ikan gw kadang2 suka jemur ikan antara 3 hari sekali, biasanya ikan bahan yang gw jemur adalah ikan2 warna merah, maskot, atau kombinasi yang membawa merah itu pun untuk yang warna2nya kurang full, waktu menjemur yang baik adalah pukul 8-10 pagi, lama waktu penjemuran biasanya antara 15-30 menit, tapi harus diingat kita harus nungguin, apalagi buat ikan yang baru pertama dijemur, harus diperhatikan, kalo grabag grubug panik yah harus kita angkat jangan dijemur. Tapi setelah tempat ikan gw di samping rumah yang matahari paginya jauh gw jadi jaraang banget jemur ikan karena males angkat2 aquariumnya.

Tapi kita jangan juga melupakan ikan yang di seleksi awal tadi kita anggap lemah harus kita perhatikan juga, banyak kasus ikan2 yang kelihatannya lemah dan kurang bagus ternyata waktu besarnya berubah dahsyat bagusnya.

Iklaaaan lagiiii
*Ikan Jadi/Size rata2 4,5 cm up




Yah namanya juga ikan udah jadi, kita gak perlu begini begitu lagi, biasanya ikan2 jadi sudah kuatdan tahan banting, cukup rawatan rutin biasa (beri pakan dan ganti air), yang terpenting jaga kesehatan dan nafsu makannya.

6. Farm asal ikan

Kesuksesan ikan hingga menjadi juara menurut gw juga di pengaruhi oleh faktor2 sbb :

- Genetika ikan 65%
- Rawatan 30 %
- Keberuntungan 5%

Genetika 
Karena prosentase genetika amatlah besar maka kita juga harus pandai2 dalam memilih farm2 yang menjadi tempat kita membeli ikan. Kalau memang memungkinkan akan lebih baik kita langsung main ke farmnya, jika memang terbentur oleh jarak dan waktu  atau kita tidak mengetahui letak farm2 yang mempunyai bloodline ikan yang kuat (karena biasanya farm2 yang mempunyai tradisi bagus dan bloodline kuat jarang online di internet/sosial media), maka kita bisa meminta bantuan/membeli ikan dari seller dan broker2 yang terpercaya.

Rawatan
Kalo masalah rawatan juga td udah gw bahas di atas.

Keberuntungan
Keberentungan juga menjadi faktor penentu hehehe kalo ini sudah menjadi Domain Yang Maha Kuasa, banyak2 berdoa aja deh :)



7. Ikan



Nah ini yang paling penting untuk mencoba perawatan seperti diatas yah musti punya ikannya, jangan cuman manggut2 aje baca tulisan panjang dan lebar tapi masih belom punya ikan seritnya hehehehe, bagi yang belom punya buruan beli ikan seritnya, dan bagi yang udah punya buruan juga beli lagi ikan2nya hahahaha.

*Contoh Perkembangan Rawatan
Bisa juga dilihat di album Facebook gw buat liat tanggal2 postingnya : album

Ikan Ct Hijau Waktu baru di angkat

Ikan Ct Hijau Seminggu kemudian

Ikan Ct Biru Waktu baru dipungut

Ikan Ct Biru 2 Minggu Kemudian




Ct Warna Bebas waktu baru di Pungut

Ct Warna Bebas 16 Hari kemudian

Untuk memilih bakalan/bahan serit bisa diliat disini tipsnya : Tips memilih bakalan crowntail

untuk kriteria ikan kontes seperti apa bisa dilihat disini : Kriteria Ikan Cupang hias Kontes

Niat gw nulis disini hanya sekedar sharing, dan belum tentu cocok untuk kondisi keseharian sahabat2 yang lain, mw di pake full buled2 semuanya asal cocok monggo, tapi saran saya lebih baik dimodifikasi sesuai dengan kondisi sahabat2 atau di kombinasikan dengan cara rawatan para hobbiis lainnya.


Kalo ada yang gw lupa tulis ntar bakalan gw selalu edit lagi untuk revisi.

Semoga bermanfaat all..
Sekian, Terimakasih!

Maaf gw cuma melayani pertanyaan di comment blog ini, yang di luar blog sory gak gw jawab ya, biar gw gak perlu jawab pertanyaan2 yang sama nantinya :)

Bagi yang ngin komen lebih baik login dlu menggunakan account google/gmail, kalo yang gak punya account google dan  komen pake  "anonim" harap sebutkan nama yah thx.


140 comments:

  1. Makasih mas Agung.. ditunggu update selanjutnya..
    Ada yg mau saya tnya kan mas agung

    1. Baik gak jika itu makanan kita selingi ama kutu air/daphia magna
    2. Kalk buat tambahan calcium tu beli dimana mas? Merk apa itu? En harganya berapa kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kutu air bagus juga koq, kalo daphnia magna gw ga pernah coba.

      Kalk biasanya bs dibeli di apotik berbentuk tablet, gak mahal koq murah gw lupa bro harganya

      Delete
    2. Mksh infonya om.. mau nnya nih cupang saya serit sama slayer hitam.. skrg jd kurang agresif lbh banyk diem y kadang2 berani jg pas dibuka sekatnya. Cm kbnykn diem.. itu knp y om? Mksh fx.

      Delete
  2. Brarti harus pake Kal biar seritnya pada kuat dan lurus kaya di contoh fotonya mas agung ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga.. kalo ikan memang dasar genetiknya kuat yah tulangannya rata2 bagus2

      Delete
    2. Cara Menebalkan Serit serit cupang gimana mas?
      Thanks

      Delete
  3. mas kalo pake pelet monster gmna? Bsa ga? Biar tulang nya kuat :) oia kalo ciri" serit kering tuh kaya gmna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernah coba make pelet2 getu om :)

      awalnya gejalanya seperti kempes, lama2 kering kayak ijuk

      Delete
  4. Dahsyat.. update lagi.. mau tnya lagi mas..
    Kalau ikan tulang kering solusi pengobatannya gmn mas?
    Kalau dijantur pake cermin ato fm gmn mas?
    Kalau ikan mau kontes perlu persiapan khusus kah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tulang2 dah kering banget gak ada solusinya, kalo masih gejala kempes buru2 rendem di mandiin pake blitz ich + garem yang banyakan kaya yang di jelasin di atas, trus ganti pake air baru yang udah lumayan lama di filter sirkulasinya , misal air yg udah 2 hari lebih dan taruh di akuarium kecil biar gampang mantaunya. (kalo ada aquasafe bagus juga di tambahin pake itu)
      kalo di jantur pake cermin biasanya kita sering lupa angkat cerminnya bs kelamaan banget, dan ikan cepet bosen geraknya, kalo pake female terlalu agresif gerakannya.
      gak da yg khusus2 amet, banyak2 berdoa aja supaya besok menang :D

      Delete
    2. Kalau ikan pertumbuhan tulangnya beda..contoh fin bawah ada yg isa tumbuh panjang tapi sampingnya kaya pertumbuhan nya lebih lambat sehingga kelihatan lebih pendek, itu termasuk tulang kering atau gak mas? Pertumbuhan tulang yang berbeda itu karena apa ya mas?

      Delete
    3. Kasus begitu seringnya karena genetik, sering gw liat ikan ada yg sampe satu lubuk anakannya pd panjang pendek semua

      Delete
  5. mas, kalo di ujung serit nya ada warna putih itu knp ya? Oia biar sukses miara serit gmna mas? Soal nya kata anak" kaskus kalo soal serit tanya aja ke " Agung Bettaholic" hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ct nya warna apa?
      kalo ujung2nya transparant atau putih warna gitu yah wajar

      lhaa itu udah gw posting cara gw rawat ikan om :)

      Delete
  6. Bagi yang ngin komen lebih baik login dlu menggunakan account google/gmail, kalo yang gak punya account google dan komen pake "anonim" harap sebutkan nama yah thx.

    ReplyDelete
  7. mas selain udang, ada pakan alami lain yg bisa biki serit tebal?


    Aldi

    ReplyDelete
  8. mas udang windu di ganti dengan anakan udang yang kecil2 gtu bisa??

    hendry

    ReplyDelete
  9. kang, kalo ganti air total rincinya bagaimana?
    apa yg perlu disiapkan? wadah sementara atau wadah baru?
    cara menangkap ikan serit supaya tulangan tidak patah bagaimana?

    soalnya saya suka patah tulangannya pas ganti total air itu,,

    makasih,
    salam cupang mania dr raldy

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah tak update tuh di poin air , baca aja di atas yah

      Delete
  10. ooh ok ok..biar cupang kita jadi ganas gmna ya? Soal nya udah beberapa hari ini CT ku jd jarang ngedok


    Aldi

    ReplyDelete
  11. mas serit saya tiba" ada warna putih di ujung serit nya? Apakah itu wajar?


    Ery

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas dah ada deh kayanya pertanyaan kaya begini

      Delete
  12. mas biar serit nya cepet tumbuh gmna ya? Soal nya kmaren saya habis gunting serit nya yg patah

    Aldi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada salah satu tulang nya yang putus jd pendek getu gak bakalan bisa panjang lagi kaya yang lainnya, apalagi putusnya jauh

      Delete
  13. soal nya kmaren saya patah tulang nya, makan nya saya gunting..jd solusi kalo ada tulang yg patah harus gmna? Cabut tulang?


    Aldi

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw gak mw jelasin hal2 yang begitu disini om, sory ya.. kalo ada temen yang bisa benerin bawa aja ketemennya :)

      Delete
  14. knp om? kaga ada yg bsa soal nya temen ane pelajar semua..dan blm ada yg pengalaman miara serit

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. main ketempat om fuad achdiat atau om jay aja yah

      Delete
  16. kalo om jay pnya FB nya ga om? Fuad q udah add

    ReplyDelete
    Replies
    1. jay : https://www.facebook.com/bagjajay.novansyah?fref=ts

      Delete
  17. assalamualikum permisi om agung saya mau nanya..cupang CT saya serit nya ada yg kering lemes gtu..itu knp ya? Pengobatan nya gmna?



    Hamzah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaiku sallam
      Faktor penyebb Kempes/kering biasanya air
      Kalau masih gejala kempes bisa diobati, adakan dipostinga. Saya jelasin

      Delete
  18. selamat malam pak, sy yudhistira
    setelah baca2 artikel bapak ada hal yang mengganjal

    1. bapak mengatakan kalo form nya udah jadi malah jangan sering2 dibuka sekat dengan ikan lain, mengapa pak? maaf sebelumnya, saat saya masih smp dulu katanya klo hm ga dibuka nanti bisa lengket, apakah itu mitos saja?
    2.mengenai bukaan, klo bukaannya udah 180 apakah bisa ditingkatkan pak?
    3.mengenai salon menyalon cupang, apakah ada panduannya pak
    terimakasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
  19. Malam , pertanyaannya bagus neyy..

    1. Jangan terlalu sering buka skat untuk mencegah /meminimalisir terjadinya kerusakan ikan/hal2 yg tidak diinginkan seperti patah, fin atas rebah dll.. Ikan2 sekarang lebih rentan di banding ikan2 dlu saat saya masih baru main, sehari buka sekat pagi dan sore selama beberapa menit untuk mengecek kondisi ikan udah cukup koq.. Gak lah gak bakalan bikin HM jd lengket .... Atau kalo berani yah silahkan buka lebih lama namun ada baiknya diperhatikan terus kalo ikan sudah terlalu galak/kasar mainnya lsg tutup sekat.

    2. Kalo ikan masih kecil cara terbaik yah di jantur, Kalo memang genetika Hm nya bagus tanpa di jantur pun ekor ikan bisa lebih 180 dgn sendirinya.

    3. Gw gak mau bahas salon menyalon disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasi pak, btw koq ga bahas nyalon kenapa pak? heheh

      Delete
    2. apakah nyalon itu dapur dari masing2 peternak pak?maaf sebelumnya sebab baru kali ini dengar istilah nyalon, dulu maen cupang tapi ga ada nyalon menyalon hehe

      terimakasih atas jawabannya pak

      Delete
    3. Bukan masalah dapur breeder.. Cuman ada konotasi negatif dan imbas yg kurang baik nantiny. Udah yah jgn bahas itu lg thx

      Delete
    4. terimakasih atas jawabannya pak

      Delete
  20. ooh begitu ya..saya juga bungung ini srit nya tiba" memendek..dan bagian yg bawah jadi lemes..ntar saya coba mas, makasih saran nya.

    ReplyDelete
  21. eh bentar ini di rendem dalam Blitch ich nya berapa kali semingu?

    ReplyDelete
  22. wih akhir nya nemu juga blog yg khusus bahas CT :))

    Saya mau nanya mas

    1. gmna cara nya fin atas bisa lurus gitu serit nya kaya yg di foto..soal nya yg saya ga lurus kaya gtu

    2. Biar CT ngga diem terus di bawah gmna cara nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Baca pelan2 postingan ini, tips2nya ada smua disana

      2. kalo biasanya ikan diem dibawah aja normal sih asal diemnya rata tidak nggantung/bertumpu pada serit2 fin bawah yg biasa bikin bengkok... kalo udah begitu gebragin aja aquariumnya :D

      Delete
  23. knp ekor kering harus di rendam pake blitch ich? Bkn nya blitch ich buat memebersihkan bakteri? Apa hubungan nya sama serit?

    ReplyDelete
  24. permisi om agung td gwa udah baca tentang artikel tips memilih cupang CT..nah yg saya tanyakan..knp jgn
    pilih ikan yg ujung2nya ada bening atw
    transparan?

    Terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan yang banyak transparantnya biasanya warnanya gak ngisi om

      Delete
  25. pernah coba pake kutu beku mas?gmana dgn kutu hidup?apa sama aja ato ada perbedaan ke perkembangan ikan?

    ReplyDelete
  26. gak pernah pake kutu air beku om, kalo kutu air hidup buat selingan ajah biasanya gw, kan ada di dalem posting

    ReplyDelete
  27. om biar CT main nya di tengah terus cara nya gmna? soal nya kalo maen di permukaan atau dasar suka jd bengkok serit nya :(

    ReplyDelete
  28. ass. om Agung
    nama ane affan
    ane newbie didunia cupang karna kemarin ane diajak temen lama yg daftar kontes diciledug... nah dari situ ane langsung jatuh hati liat serit & halfmoon...
    sekarang ane lg cari serit & halfmoon kualitas, masalah tempat ane dh siapin dirumah...
    boleh minta alamat lengkap farm om agung / temen2 jawara cupang lain ?
    insyaallah weekend ane langsung meluncur...
    ane tinggal didaerah halim jakarta timur...
    kan klo ke bekasi lebih deket skalian kuliah didaerah bekasi daripada jauh2 ke kobapi (ga tahan macetnya om)...
    mohon alamat farm'nya om...
    skalian mau konsultasi awal2 melihara cupang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalikum sallam om alfan
      Slamat datang di dunia ikan cupang hiaz om :)
      Kalo gw gaknounya farm om, gw bukan breeder, cuman hobiis, dan kebetulan skrg lg gak rawat ikan sama sekali, sering diluar kota soalnya.. Domisilinya dimana si omnya?
      Kalo breeder da beberapa breeder yg dah gw tulis n posting di blog ini.. Coba kontak mereka om.
      Add fb gw aja om ntar tak masukin ke grup2 cupang hias disana biar banyak temennya

      Delete
    2. ane domisili disekitar bandara halim jakarta timur om...
      udah ane coba tlp ke breeder yg om posting tp no ga aktif...
      ok om ane add fb om...

      Delete
  29. assalmualaikum om agung..
    saya mulai mencoba kembali melihara ikan cupang,, cuman saya bikin pusing (hehe) kadang" ikan saya siripnya nguncup / tidak mengembang apa permasalahan ini dari air yang saya pakek ? trs blitz ich ini apa om ? maklum saya masih pemula. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sirip kuncup biasanya yg paling dominan yah masalah air.. cobain aja treatment ttg air yg gw kasih di post ini
      blitz ich itu merk obat googling aja yah

      Delete
    2. oke makasih om agung, terus waktu ganti air, kadang" saya nangkep pakek saringan ikan tuh sirip ikannya biasanya rusak om (bukan patah tp kyak sobek gitu) padahal udah hati", apa ada tips menurut pengalaman om waktu mindah ikan ke tempat kecil pada waktu ganti air total ??

      Delete
  30. . Mas Saya Mau Tanya nih, Saya Juga Baru Baru ini koleksi ikan Cupang

    Ikan cupang Saya Serit seritnya jadi tipis kayak Rambut, Padahal Awal Beli Serit Serit.nya masih setebal Sapu Lidi
    Itu kenapa ya?
    Dan Cara menebalkan Serit seritnya Itu Bagaimana?

    Mohon Bantuannya, Terima Kasih
    (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan diatas udah ada boss, kui masalah airnya

      Delete
  31. bang mau tanya nih
    klo cupang plakat gw mainnya ga tenang gimana ?
    maksudnya ada cara ga buat cupang gw biar mainnya tenang ? hehe

    ReplyDelete
  32. slamat siang Mas, mau tanya tempat penjualan ikan cupang ? yg dekat dgn daerah sy tinggal yaitu petukangan utara jakarta selatan.
    trima kasih

    ReplyDelete
  33. Bang kalo ikan cupang saya di kasih pakan ikan kecil tiap hari apa gpp tuh? Tanpa pakan selingan yang abang sebutkan di atas. Thanks #Al

    ReplyDelete
  34. mau tnya mas, kalo ikan sering diem,suka loncat (kaya yg mau keluar) ,trus ikannya tuh pucet . cara mengatasinya gmna yaa ?
    satu mas , kalo gak ada cuk / udang saya ngasih makannya pake pelet yg kecil(khusus ikan) gmna mas , bagus terhadap ikannya gak ? terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stress atau sakit tuh ikan.. penanganannya kalo ga salah ada kan gw tulis diposting ini

      Delete
    2. Stress atau sakit tuh ikan.. penanganannya kalo ga salah ada kan gw tulis diposting ini

      Delete
  35. Mas agung,mau numpang nanya nih,ikan2 nya mas agung di kawinin apa enggk ? kalo udah dikawinin berubah gak ikan nya misalnya jadi lebih bagus/jelek ? ..saya bingung ni soalnya ikan saya lumayan saya suka dan bagus,takutnya kalau dikawinin malah hancur seritnya,gimana pencerahannya mas ? thnks :)

    ReplyDelete
  36. Yah kalo belom waktunya dikawinin jangan dikawinin... kalo di kawinin Insyaallah pasti ringsek :P

    ReplyDelete
  37. Udh sekitar 6 bulanan om,kalo dilihat badan nya sering menekuk kaya lagi kawin gitu,terus busanya udh banyak,,kalo dikawinin takut rusak bulu nya,kalo punya nya om agung pernh dikawiniin gak ? dan gimana hasilnya ? skali lagi trma kasih :)

    ReplyDelete
  38. mas agung, saya ingin memulai memelihara ikan cupang untuk kontes dan kebetulan rumah saya juga di taman kartini bekasi. boleh saya minta alamat mas, saya ingin sekali meminta saran dan bertanya langsung. tapi itu pun kalau mas tidak keberatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumah gw yang pas digerbnag belakang/pos 3 om, tanya aja ma satpam tau semua koq, kalo mau main monggo om cuman lg ga piara ikan..
      081909988666 telp aja dlu ya om kali2 lg diluar kota diriku

      Delete
    2. makasih mas. weekend ini mungkin saya main, pasti saya kabarin dulu (sms/telp) hehe :)

      Delete
    3. Mas boleh gabung di fb mas.biar sy tambah pengakaman dari ahok di karbar

      Delete
    4. Add aja fb aku om gpp kan ada linknya di page depan :)

      Delete
  39. Assalamualaikum
    Menurut Mas agung kalo saya kasih makan cacing kering gmn ya apakah bagus utk kesehatan cupang thx ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cacing kering gak bagus lah..
      Kalo.mau dikasih makan cacing kasih blood worm kan da.jg di toko2 ikan, kalo bisa dapet yg hidup bagus jg blood worm

      Delete
  40. omm.. klo makan nya jentik nyamuk boleh gaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhaaa di tulisan ini kan ada rekomendasi gw kasih makan cuk

      Delete
  41. Assalamualaikum pak , saya newbie ni dari batam , msh bocah bru kelas 2 SMA .. Mau bljar ngerawat ct .. Yang mau saya tanyakan ..
    1.batu zeolit itu bisa d dpt d toko ikan ? Trus di gambar media filter tu batu zeolitnya di bungkus pakai kapas filter ya bisa rapi kyk gtu ?
    2.arang buat bunga anggrek bsa gak di gunain selain arang yg pak agung rekomendasikan ?
    Terimakasih pak :) salam cupang dari batam wassalamulaikum wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw nama saya Ahmad Hindam Muhammadi

      Delete
  42. Di toko ikan biasanya ada tersedia batu2 zeolit yg udah terbungkus rapi gitu koq

    Areng gpp pake areng biasa jg..

    ReplyDelete
  43. mantapp gan info nya.. panjang dan bermutu.. salam cupang.. ane numpang taro backlink yaa.. hehe..

    ReplyDelete
  44. Mas Kalo ikan selalu mengambang di at as itu kenapa Dan perawatanya bagaimana.trims

    ReplyDelete
  45. Terus warna APA saja yg bagus untuk pemula.trims(Adrian)

    ReplyDelete
  46. Biar fin atas kokoh kayak jarum gimana yaa, soalnya selalu bengkok, padahal udah tebel

    ReplyDelete
  47. klo melihara ikan cupan di akuarium harus pakai Aerator atau tidk bro?

    ReplyDelete
  48. ikan halfmoon sirip ekor ny pda grepes :(
    apa bisa tumbuh lagi om ??

    ReplyDelete
  49. om cupang ct saya tidak mau makan cacing sutra apakah harua ganti pakannya? thanks om

    ReplyDelete
  50. apakah di akuarium cupang boleh kita taruh tanaman air dan batu hias?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh2 aja kalo memang ikannya cuman buat hiasan..

      Tapi kalo untuk ikan2 kontes biasanya gak dikasih hiasan apapun di aquariumnya, untuk mengurangi resiko kecelakaan

      Delete
    2. Boleh2 aja kalo memang ikannya cuman buat hiasan..

      Tapi kalo untuk ikan2 kontes biasanya gak dikasih hiasan apapun di aquariumnya, untuk mengurangi resiko kecelakaan

      Delete
  51. Om saya Yehuda,,, saya penghobi baru di CT & kebetulan saya punya baby CT, kemudian saya unggah ke video.. lalu saya meminta saran kpda teman,, salah satu teman saya ada yang memberitahu bahwa ikan saya sekilas tulangan seritnya kurang balance sama ekor sama anal . . Na pertanyaan saya: Apa yang menyebabkan kurang balance? apa dari faktor genetik ikan? lalu apa ada trik untuk mengatasinya om? Trima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kurang balance antara ekor dengan anal seperti anal kebih panjang, atau ekor yg kecil, itu dah bawaan lahir/gen.. gak bs diapa2in, dan kalo buat indukan pun percuma

      Delete
  52. Om kalo ekor/sirip nya digunting pake gunting kecil biar rapih gimana boleh gak?

    ReplyDelete
  53. Om,, klo buat anak cupaang yg baru netes bagusnya di kasih makan apa?

    ReplyDelete
  54. Mantap ikannya bro.berapaan tu harganya

    ReplyDelete
  55. Om info dong om......CT q ga mw buka lg....malah main nya cuma d permuka.n ikan ja...dah q kasi garam + ketapang...saran dong om master

    ReplyDelete
  56. Mas Klo Biar Cepet Tumbuhin Ekor Yg Rusak Gimana Ya ?



    Dito

    ReplyDelete
  57. mas cra buat bentuk ekornya bgus kyak di fto tdi mas gmn??
    mas beli obatnya dmnnya soal d daerahnya saya sepertinya tidak ad??
    mohon balasan mas

    ReplyDelete
  58. Om, saya punya cupang serit, tapi sirip bagian bawah ujung nya melengkung, yg mau saya tanyain, apa masih bisa ujung yg melengkung lurus lagi?
    Trus cara perawatan agar kembali lurus gimana ?
    Mohon pencerahan nya om.
    Makasih.

    ReplyDelete
  59. Gan.ada yg minat CT apache ga?

    ReplyDelete
  60. mas biasa nya mas membeli ika cupang tu bli nya dimna yg jenis halfmoon

    ReplyDelete
  61. mas biasa nya mas membeli ika cupang tu bli nya dimna yg jenis halfmoon

    ReplyDelete
  62. maaf mas mau tanya tentang penilaian kontes klo ikan yg di salon ada pengurangan poin gak ya?

    doni.

    ReplyDelete
  63. Salam Kenal Buat Semua pengemar Betta Fish ™

    ReplyDelete
  64. Kalo obat cr 6 beli diana mas?

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. usia cupang kontes beapa bulan ?

    ReplyDelete
  67. mas daphina magna di mna dpat kan nya.

    ReplyDelete
  68. makanan yg bgus untuk ikan cupang aduan apa kira2

    ReplyDelete
  69. Tank you gue ini Adeknya ridho m. Gue gue mau punya toko ikan hahahaha

    ReplyDelete
  70. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  71. Hallo mas, selamat malam sy mau nanya, kmren saya beli king ct online seritnya tebal2 pas di vidiokannya setelah itu dikirim tetapi ekspedisinya kelamaan sehingga airnya panas, dan sampe di tempat saya seritnya jd kempes ......... Lalu saya menggunakan air ketapang bekas ikan lama yg tdk terlalu gelap plus saya kasi garam dan setetes acrivlavin ? Krn sy td baca pake blitch it dan saya g punya**,, kira2 bs efektif ga ya mas mengembalikan seritnya ? ... Makasi :)

    ReplyDelete
  72. Om klo masih activ di blog ini
    bsa share breeder yg berkualitas ga om??

    ReplyDelete
  73. Info2 blognya sangat bermanfaat banget untuk sy sbgai newbie yg pgn coba ikut kontes.sy ud maen k farm om arief sl orangnya baik dan ramah enak sharingnya, kbetulan farmnya dekat dengan rumah saya. Terima kasih om agung

    ReplyDelete
  74. Maz Agung saya mau nanya. Caranya numbuhin ekor yang udh rusak gimana y??

    #Mohon jawabannya
    #Thanks maz

    ReplyDelete
  75. Maz Agung sya mau nanya. Caranya numbuhin ekor yang udh rusak gimana y??
    #Wahyu utomo
    #Mohon jawabannya Thanks

    ReplyDelete
  76. mas agung saya mau tanya,,cupang saya jenis plakat klau ngedok ingsangnya cuman buka sebelah aj,,gk mau full gmna cra mengobatinya makasih

    ReplyDelete
  77. Terima kasih Bang Agung, tips dan triknya sangat informatif dan terbukti handal, saya banyak mendapat manfaat dari postingan Bang Agung

    Salam Hangat

    Liam

    Pontianak,KalBar

    ReplyDelete
  78. Mantap om postingannya....it's.work well

    ReplyDelete
  79. Mantap om postingannya....it's.work well

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bg!!! Awalnya saya punya cupang jantan yg mentalnya bagus sekali, seiring waktu berjalan mental cupang saya menurun, hingga tidak mau lg membuka siritnya. Bagaimana perawatan yg tepat agar cupang saya kembali agresip lg. Terimakasih

      Delete
  81. Kalo pakan cacing sutra bagus ga bang agung.

    Ikan slayer gue udah seharian ga mau ngedok, palanya pucet, pecicilan, klo di adu malah kabur, nah caranya biar dia garang lagi gimana tuh bang, apa pake daon ketapang......

    Thanks bang agung

    ReplyDelete
  82. Saya mau private belajar sama bapak ttg serit bisa pa
    ....villalima

    ReplyDelete
  83. Mas saya mau tanya... Gimana cara biar ikan halfmoon biar ekornya mekar.tolong sarannya

    ReplyDelete
  84. Gan kalo ngelatih biar ikan mau ngedok sama benda kaya pulpen gitu gimana ya, padahal ikannya mau ngedok sama ikan lain.

    ReplyDelete
  85. Om klo mau ngobrol2 lgsg sama om saya bisa dateng kmana om?

    ReplyDelete