Monday, January 13, 2014

Ikan Cupang serit/Crowntail, Kebanggaan Indonesia!



Assalamualaikum..

Kali ini gw mau bahas tentang ikan cupang hias serit/crowntail, ikan cupang serit adalah ikan kebanggaan Indonesia, hasil hasil karya anak Bangsa!

ASAL USUL

Karena banyak literatur/artikel yang udah beredar tentang asal usul cupang serit maka gw cuman mw bahas sekilas tentang asal usulnya.

ikan serit era awal2
Menurut beberapa sumber yang valid awalnya pada medio 90an ikan serit ini di rintis oleh Bang Yus (Ahmad Yusuf) yang bentuk ekornya masih seperti gir dan sobekan2nnya belum teratur  lalu di bawa ke Slipi, oleh para sesepuh2 di slipi seperti Abah kamil, Pak Ahmadi dll di kawin silangkan kembali (gw gak dapet info ikan2 apa yg di silang2kannya), sehingga bentuk seritnya sudah mulai kelihatan, namun masih banyak yang berbentuk serit satu/tunggal, karena bentuk ekornya yang seperti itu lah maka di sebut cupang serit/sisir.

serit jadul




Walau sudah terlihat bentik serit/sisirnya namun bentuknya masih berantakan dan sobeknnya masih belum terlalu dalam, para peternak di slipi dahulu masih menggunakan botol sebagai media meawat ikan. Bentuk serit ikan ini mengalami perkembangan pesat saat di breed oleh Subur Juliani Alias Koh Asiung, oleh beliau ikan2 serit ini ditaruh pada aquarium2 ukuran besar bekas ikan Diskus, disinilah mulai perubahan bentuk ekor yang makin rapih pecahan2nya dan seritnya makin dalam2. lalu para peternak di Slpi pun mulai mengikuti merawat menggunakan aquarium.


jika dimiringkan maka mahkota mirip dengan ekor ikan serit

Pada akhir 90an Henry Yin/Henry Gunawan seorang hobiis asal Tanggerang  memposting ikan cupang serit pada sebuah forum cupang hias dan di beri nama Crowntail Betta, membuat dunia terbelalak melihat keindahan ikan hasil karya anak bangsa ini. Henry Yin menamai ikan ini Crowntail karena memang bentuk ekornya mirip mahkota2 raja/ratu.

VARIANT

Cupang hias serit mempunyai beberapa variant menurut bentuk seritnya :

1. Serit tunggal/combtaill, ikan serit tunggal ialah ikan2 tipe awal yang sekarang sudah jarang sekali kelihatan, ikan ini yah seritnya hanya berjumlah satu2 seperti serit double yg tidak pecah  ( sementara ini gw gak punya fotonya nanti kalo dah ada gw update).

serit dua/double ray

serit dua/double ray
2. Serit Dua/Double Ray Crowntail, variat ini yang paling umum kita jumpai dimasa kini baik sebagai peliharaan maupun di arena kontes, bentuk double raynya ada yang menyerupai huruf V dan ada yang menyerupai balok. (bahasa kerennya double ray adalah ikan serit yang mempunyai susunan tulang primary dan pecahan ray secondary pada ekornya).


serit empat/4th ray

serit empat/4th ray

3. Serit Empat/Double Double Ray (DDR) dan serit delapan/Double Double Double Ray. V/balok Double ray pada crowntail acapkali pecah pada ujung2nya, Jika pecahannya ngacak ada yg menjadi serit 3 atau 4 di sebut Random ray alias Dji Sam soem Jika Pecahannya rata menjadi 4 pada keseluruhan serit maka disebut DDR (double double ray) / serit empat, kalau pada ujung2nya pecah lagi rata sehingga menjadi 8 maka di sebut DDDR (double double double ray) / serit 8. (bahasa kerennya ikan serit empat mempunyai susunan tulang tulang primary dan pecahan ray secondary, serta pecahan ray tertiary pada ekornya, sedangkan serit delapan mempunyai mempunyai susunan tulang tulang primary dan pecahan ray secondary,  pecahan ray tertiary hingga pecahan ray quartenary pada ekornya) .

*keterangan ray :
sory gw ga punya foto ray serit
Primary = tulang utama yg keluar dari pangkal ekor dan menopang tulang2 berikutnya.

 Secondary = percabangan kedua yg keluar dari tulang utama, apabila ikan cupang hanya memiliki secondary ray maka bisa disebut ray 2 karena tulangnya hanya memecah menjadi 2.

Tertiary = percabangan ketiga yg keluar dari percabangan kedua (secondary), apabila cupang hanya memiliki tertiary ray maka bisa disebut ray 4 karena percabangannya memecah menjadi 4
.
Quarternary = percabangan keempat yg keluar dari percabangan ketiga (tertiary), apabila cupang hanya memiliki quarternary ray maka bisa disebut ray 8 karena percabangannya memecah menjadi 8.
(sumber ray: Cupang Hias (ask & sharing) kaskus)


 4. Serit Balon ini adalah tipe serit yang mempunyai selaput ekor berlebih antar spasi ray hingga jika sedang berenang  terlihat menggelembung - gelembung menyerupai balon. (gw juga lum punya fotonya ntar kalo dah ada gw update lg)

 5. King Crowntail dan Cross Ray, sebenarnya ikan tipe ini adalah sama struktur tulangnya dengan double ray/serit dua, namun pada ujung2 ray/seritya pada melengkung dan menyilang antar tulangan spasi, perbedaan antara king crowntail dan cross ray adalah jika pada King Crowntail tulangannya melengkung dan saling menyilang.
 
King Crowntail
 
cross ray
cross ray

sedangkan pada Cross ray tulangannya lurus tidak melengkung namun saling silang juga antara tulang spasinya, biasanya ikan cross ray mempunyai bentuk balok yang besar2 dan spasinya cenderug rapat. Nama king crowntail pertamakali diberikan oleh om Henry Yin/Henry Gunawan juga, Nama tersebut terinspirasi dari bentuk mahkota yang modelnya saling silang antar mahkotanya (gw juga gak punya foto mahkota model begini). 

KONTES

red ct 6,5 cm lebih

Pada era akhir 90an mulai marak kontes2 ikan cupang hias,di zaman itu hingga 2001an hanya ikan jenis serit/crowntail lah yang di kontes kan, karena memang ikan crowntail sedang booming2nya pada era tersebut harga ikan cupang hias jenis serit melonjak dahsyat, disekitar tahun 2000-an pada sebuah kontes lokalan peternak di Slipi yang di adakan oleh KECAPI,salah satu kelompok peternak disipi , seekor ikan hias juara (warna hitam) dibeli oleh Pohin (seorang hobbies cupang hias di Jakarta) melalui lelang setelah kontes dengan harga Rp. 7,000,000,00., harga yang cukup gila untuk seekor ikan yang berukuran kecil, namun belum hilang kekagetan publik oleh harga tersebut, masyarakat di buat tercengang kembali ketika seekor serit merah dibeli seharga Rp. 14,000,000,00 oleh Harvey, seorang penghobbies cupang hias dari Bandung. Di era ini harga bakalan seekor serit kecil minimal Rp. 300,000,00. Harga ikan-ikan jadi untuk kontes rata-rata diatas satu juta rupiah,  dan untuk ikan-ikan juara harga rata-ratanya mencapai diatas  dua juta rupiah, bahkan untuk ikan-ikan rijek pun seorang peternak bisa menjual seharga Rp. 15,000,00 per ekor.  Ikan cupang 

Di era akhir 90an hingga 2001 an Kategori dan kelas yang di perlombakan pun masih sedikit, biasanya terbagi menjadi 3 kategori Senior, Junior Dan Baby/small dan di bagi lagi menjadi beberapa kelas berdasarkan warna sbb :

Senior : dengan ukuran biasanya 6,5 cm up
 - warna dasar
 - warna dasar merah
 - warna kombinasi

Junior : dengan ukuran 5 cm - cm
 - warna dasar
 - warna dasar merah
 - warna kombinasi


Baby :ukuran 3,5cm - 4,5 cm
 - warna dasar
 - warna dasar merah
 - warna kombinasi

Walaupun dengan kategori dan kelas yang sedikit namun pesertanya membludak hampir setiap event terisi entry peserta antara 300-500 an, sehingga persaingan pada setiap kelasnya begitu keras, menjadi juara pada event2 jadul terasa begitu membanggakan, karena kelasnya sedikit pesertanya banyak hehehehe, apalagi juara di kategori senior wedew bukan main puasnya karena yang tanding adalah ikan2 dengan rata2 ukuran 7-9 cm . ( ikan jadul kuat2 gak kaya ikan sekarang)
daftar juara cupang thn 2003an (trubus)
InBS Awards april 2003 (trubus)

Di akhir 2001-an barulah kelas warna bebas dimasukkan, awalnya sebagai kelas exhibisi dengan ukuran all size, perlahan2 warna bebas menjadi kelas tetap dalam setiap kategori namun masih belum bisa mengikuti pemilihan Grand Champion, di 2004 lah baru kelas warna bebas bisa mengikuti grand champion.

Di tahun sekitar 2007-an lah baru kelas2 pada setiap kategori di perbanyak, yang biasanya kelasnya hingga sekarang sbb : 

Reguler dengan ukuran 5 cm up

- warna dasar merah
- warna dasar terang
- warna dasar gelap
- warna dasar copper
- warna hitam/orchid
- warna kobinasi
- warna maskot
- warna bebas terang
- warna bebas gelap

Junior dengan ukuran 3,5cm -  4,5 cm

 - warna dasar
 - warna dasar merah
 - warna kombinasi
 - warna bebas



 Kriteria ikan crowntail kontes bisa di lihat di  : Kriteria ikan cupang hias kontes

Sedangkan kriteria berdasarkan warna adalah sbb :
warna dasar merah
warna dasar terang

warna dasar terang
dasar gelap biru

dasar gelap hijau


dasar copper
1. Warna dasar
   - Warna Dasar mempunyai hanya 1 warna pada tubuh dan seluruh siripnya. 
                   - Warna Dasar Gelap Tidak boleh tercampur warna merah (redwash) Pada seluruh sirip-siripnya. 
                   - Untuk dasar Merah,  Dasar Terang, warna kepala harus sama dengan warna tubuh.
        
    
black copper untuk warna kombinasi karena mempunyai gradasi keliling
warna kombinasi

warna kombinasi
warna maskot

warna maskot


      2. Warna kombinasi/maskot, Untuk warna kombinas/maskot harus mempunyai gradasi warna yang jelas dan tegas serta keliling melngkar pada sirip dorsal, anal, caudal.
       
   
black orchid

black orchid

      3. Warna hitam , 
           - Untuk warna hitam tidak boleh  ada warna merah (redwash) di keseluruhan siripnya
           - di kategori crowntail Warna black copper tidak termasuk dalam kelas hitam.
      
       
warna bebas





black copper untuk warna bebas karena gradasi warnanya tidak kelling

       
warna bebas
      4. Warna bebas adalah kelas bagi ikan yang tidak dapat/tidak masuk dalam kriteria warna2 tersebut diatas.


    Untuk tips memilih bakalan/bahan crowntail bisa dilihat di tips memilih bahan crowntail
 
Logo Kota Jakarta Barat yang menggunakan cupang serit

 
   Kita patut berbangga dengan Ikan cupang serit ini karena sampai sekarang belum ada satu Negara lain pun yang mampu mencetak ikan serit sebagus yang kita punya! 

   Sekian dlu all.. maaf kalo masih brantakan dan ada kekurangan, ntar gw rapihin lage, Terimakasih!

15 comments:

  1. Hidup CT..
    Makasih mas agung atas infonya..
    Ditunggu postingannya masalah perawatan CT, dari perawatan harian ampe kontes :)

    ReplyDelete
  2. Mas agung saya baru nih. Mau tanya untuk komunitas jatim utamanya malang dmn ya. Dan informasi bagaimana menghubungi trims pengen gabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hub om choeplis
      https://www.facebook.com/choepliez.ngemmenk?fref=ts

      Delete
  3. Terima kasih infonya mas.Untuk komunitas pecinta/pembudidaya ikan cupang hias wilayah Jakarta dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Breeder jakarta banyak diJakatta Barat (Slipi) kontak aja bang edi sudardjat (0818682249)

      Delete
  4. MAS MAU TANYAK KO SERITNYA ADA SATU YANG KETIKA BERENANG MELAMBAI-LAMBAI :V

    ReplyDelete
  5. patah kali om,..

    atau melambai ngondek kah? :D

    ReplyDelete
  6. klo serit patah/sobek bisa sembuh gk mas ? klo bisa kira2 lama gk ya ? trimakasih.. :)

    ReplyDelete
  7. Kunjugi Ya
    kingcupang.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. maaf gan kalo spam, ane hanya menawarkan pakan ikan cupang harga 5 ribu untuk lebih lanjut silahkan kunjungi http://toko-24jam.blogspot.com/2014/04/jual-pelet-ikan-hias-cupang-koi-arwana.html?m=1

    sebelumnya terimakasih :)

    ReplyDelete
  9. GROSIR IKAN HIAS BERKELAS

    Budidaya ikan hias air tawar merupakan salah satu peluang usaha yang sangat prospektif saat ini. Permintaan terhadap jenis ikan yang indah bentuknya ini selalu meningkat dari waktu ke waktu. Bukan hanya dari kalangan menengah ke atas, tak sedikit pula masyarakat bawah yang menyukainya karena keelokan bentuk dan warnanya.
    Kami petani ikan hias dari Yogyakarta menyediakan aneka ikan hias. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Ikan hias yang kami jual adalah ikan pilihan berkwalitas unggul dan telah melalui proses seleksi breding yang ketat, untuk kwalitas warna sudah tidak perlu diragukan lagi karena ikan yang kami jual sudah melalui tahap sortir warna dan pola Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Jenis : Koki, Komet, Arwana, Cupang, Botia, Manfish, Black ghost, Molly, Guppy, Manfish, Oscar, Barbir, Lemon, Louhan, Koi, Kura2, Sumatra, Red fill, Tetra
    Sistem pengairan : Air mengalir / Sirkulasi
    Sumber air : Mata air / irigasi
    Kolam : Tembok / Fiber
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.

    Kota tujuan : Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Padang, Bengkulu, Lampung, Batam, Tanjung pinang, Tanjung pandan, Pangkal pinang, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Tarakan, Berau, Pontianak, Ketapang, Sintang, Makasar, Luwuk, Palu, Kendari, Gorontalo, Manado, Bali, Ternate, Labuan bajo, Tambolaka, Waingapu, Kupang NTT, Ternate, Sorong, Manokrawi, Jayapura dan kota-kota lainnya

    Agar kolam tampak semarak, anda dapat memesan beberapa jenis ikan hias dalam 1 box, kami akan kemas kantong terpisah berdasarkan jenis ikannya.

    Segera hubungi kami untuk memenuhi kebutuhan ikan hias anda dan konsultasi pembudidayaan silahkan contak person Fadli 085753563403 / 081227354545, kunjungi di www.ikanhiaswarna.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami NABILA FARM di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman - Yogyakarta

    ReplyDelete
  10. Bang fadli ada pin bb.? Atau invt aja 2A8C91FA saya cari ikan cupang hias

    ReplyDelete