Tuesday, September 20, 2011

Ulasan Kontes Bandung 17-18 sept 2011 @Odeum Mansion PVJ


Sabtu 17 Sept 2011 Nyampe juga ke Kota Kembang lagi…   
Kali ini gue datang sebagai Juri lagi di kontes yang di adakan di Paris Van Java Bandung,  keluar pintu tol pasteur macet panjang menyambut kedatangan gue di kota ini. Setelah mengisi perut,  gue menuju ke daerah lingkar selatan untuk ketemu sama Fuad Achdiat, salah satu mania cupang hias dan dedengkot BMII di Bandung yang namanya cukup kesohor, nyampe di lingkar ketemu sama Fuad yang datang dengan Fandi, hobbies asal Jakarta yang juga telah tiba di Bandung lalu kami memutuskan untuk ke arena kontes untuk melihat situasi. Sampai di sana ternyata lokasi kontesnya cukup mengagetkan juga, yaitu di lobby diskotik Odeum Mansion, Wow konsepnya boleh juga pikir gue. Disana kita di sambut oleh Betet yang menjadi salah satu panitia kontes, dan sebelum tengah malam Rudy Aki pun juga tiba di PVJ dengan membawa peralatan untuk kontes dan langsung loading barang ke arena kontes bersama Iyan Shinoby sang pemilik hajat. Setelah puas ngobrol ngalor ngidul,  gue, Fandi dan Evoy pun memutuskan untuk menerima keramahan Fuad yang bersikeras mengajak kami untuk tidur dirumahnya. Hehehehe..


Minggu pagi setelah bangun, mandi ngopi2 kami pun langsung menuju kembali ke PVJ, setibanya disana para Juri yang kali ini bertugas Edi S, M Kamil, Hermansyah, Arif SL, Asep berikut gue berarti dah lengkap juri kumpul semuanya, dan di sana juga sudah banyak para hobbies dari berbagai penjuru yang datang, dan banyak wajah sahabat2 sesama hobbies yang sudah tidak asing lagi seperti, Yoram, Abu Fardin, Boy Liem,  Jali, Arif siBo, Ferry Dll, maaf yang gak kesebut namanya, bisa abis neh artikel kalo cuman buat ngabsen semuanya hahahaha.

Sementara para peserta memasukkan ikan ke aquarium, kami para Juri pun mencari tempat untuk sekedar ganjel perut, ngopi dan briefing sebelum mulai penjurian kali ini Kami ber-6  di bagi dalam 3 team, gue satu team sama bang Kamil, Bang edi dengan Arif Sl dan Bang Hermansyah dengan Asep Kerawang . Ternyata karena kekurang siapan panitia dan banyak peserta yang telat datangnya mengakibatkan waktu penjurian pun molor hingga setelah makan siang, akhirnya pada sekitar pukul 14.00 wib kami baru mulai menilai ikan. Total entry peserta adalah 473 ekor ikan yang terbagi dalam 57 kelas, lumayan banyak juga. Saat memulai penjurian ternyata cuaca mendung dan ruangan pun menjadi agak gelap, karena faktor pencahayaan di dalam arena kurang memadai jadi kami  mengandalkan beberapa senter untuk melihat ikan, akhirnya hujan pun turun juga membuat keadaan makin gelap, hingga kami team juri harus bekerja ekstra keras untuk menilai ikan secara akurat. Hal menyenangkan bagi gue adalah terjadinya peningkatan kualitas ikan2 yang menjadi peserta dibandingkan yang sebelumnya, sehingga  kelelahan mata gue agak terobati dengan menyaksikan ikan yang bagus2 di tiap kelas yang team gue nilai.

Suara2 girang pun mulai terdengar saat juara 1,2,3 masing2 kelas telah ditentukan, tiba saatnya penentuan Grand Champion masing2 kategori, wajah2 tegang pun menghiasi para peserta saat para juri mulai melihat barisan aquarium juara 1 di setiap kategori, dan memilih kandidat yang layak untuk di voting. 

Di kategori Crowntail akhirnya ikan Warna Bebas penghuni aquarium A9-277 milik Godot Betta terpilih menjadi Grand Champion setelah Unggul Voting dari rivalnya yaitu Warna Hitam Aquarium A4-175 dengan skor 5-1, dengan bentuk ekor yang mewah dan kerapihan yang baik adalah keunggulan dari ikan warna bebas gelap tersebut di bandingkan rivalnya. 

Di Kategori Halfmoon, Terdengar teriakan keras suara kegirangan dari Wan Abu pada saat ikan miliknya yaitu Warna Bebas gelap penghuni aquarium B9-168 terpilih menjadi Grand Champion, dengan modal size yang cukup besar, bukaan ekor yang eksta besar, dorsal yang tegap, membuat nya unggul atas rivalnya yakni Halfmoon Marble no aquarium B7-301 dengan skor 4-2. 

Di Kategori Plakat, ikan plakat copper dengan No aquarium C5-281 mempesona para juri dengan penampilan yang mewah, ekor yang super lebar, size yang besar dengan proporsi yang bagus menjadi modal utama ikan milik Sheila Warwana untuk membuat lawannya plakat bebas gelap No aquarium C11-283 bertekuk lutut dengan skor 5-1. Kalo menurut Boy Liem salah satu peserta asal Jakarta, "Itu Copper plakat lebar ekornya selebar kebon engkong gue, ckckckck".

Di kategori Giant ikan milik Betta Idol Juara 1 kelas D10 kombinasi menaklukan rival2 nya ikan juara 1 dari kelas D2 dan D8 dengan skor 4-1-1.

Dan Juara Umum Kontes kali ini jatuh ke tangan Kaisar United Banten.
Akhirnya selesai juga penilaian kontes ini pada pukul 19.30 wib, lalu  gw keluar dari arena untuk ngobrol2 dan becanda dengan para sahabat2 hobbies untuk melepas lelah, akhirnya sebelum pulang gue menyempatkan diri bersama teman2 untuk mengguyur Fuad Achdiat yang berulang tahun seminggu yang lalu, Happy B’day bro, wkakakakakakaka…

Terimakasih untuk panitia yang sudah menyiapkan tempat yang asyik, Terimakasih Untuk Para Saudara2 gue para Hobbies yang sudah berbondong2 datang ke bandung untuk meramaikan kontes. 

And Spesial Thanks buat Fuad Achdiat Yang sudah sudi menerima kita menginap dirumahnya, U Are Rocks Bro!

Well itulah sedikit ulasan gue untuk kontes bandung, maaf jika ada kekurangan. Dan mohon maaf jika ada kata2 gue yang kurang berkenan. Untuk Hasil Kontes lebih detailnya tunggu update panitianya.

Salam CupangMania!

No comments:

Post a Comment