Saturday, November 28, 2015

Kontes Ikan Cupang Hias Piala Kementerian Kelautan Perikanan 11-14 November 2015 @JIExpo Kemayoran


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Allow all sahabat Cupangers yang ganteng-ganteng n cantik-cantik..

Kali ini saya ingin menulis reportase yang lumayaaan panjang dari event terbesar tahun 2015 ini, Event yang di selenggarakan oleh Asosiasi Betta Indonesia yang di dukung oleh Kementrian Kelautan Perikanan Indonesia. Maaf agak telat rilisnya yaa..
Daftar Juara resmi ada di Akhir postingan ini.
Ok take your seat and enjoy it!
Hahahay Seneng banget lega banget rasanya setelah event ini terlaksana, penantian berbulan bulan, dll terbayar sudah dengan terlaksananya event ini. Meski ada beberapa yang meleset dari rencana awal seperti pemecahan rekor oleh MURI dan pelaksanaan Munas ABI namun itu tidak mengurangi efek dahsyatnya event ini.


Sejak akhir Mei 2015 ABI dan KKP sudah mulai merencanakan membuat event yang akan di gelar di bulan November 2015 ini, dan sejak Juni kami mulai sounding ke khalayak cupangers kontes mania tentang event ini, setelah melalui prosess yang begitu paaaanjaaaang akhir nya kami pun mendapat kepastian bahwa event ini Fixed dilaksanakan di tanggal 11-14 November 2015. Alhamdulillah lega rasanya mendapatkan kepastian ini, karena setiap hari kami menerima pertanyaaan yang bertubi tubi dari cupangers yang berada di berbagai penjuru Indonesia tentang jadi atau tidaknya event ini, yang menunjukan bahwa Rakyat Cupangers begitu menaruh animo dan ekpektasi yang tinggi terhadap event ini, ini yang membuat kami menjadi dag dig dug serrr gak keruan menanti kepastian hehehehe.

Kamis 29 Oktober 2015 setelah final meet, setelah selesai mengingat waktu yang sudah demikian mepet maka siang itu juga Saya dan Bang Edi pun langsung ngacir naek kereta dari St Gambir menuju ke Bandung untuk melakukan pemesanan Piala yang berjumlah total 140 buah ( 5 Piala Grand Champion dan 135 piala Juara 123), Alhamdulillah sang Empu pembuat piala menyanggupi pemesanan kami. Meski sampai rumah menjelang Subuh namun saya merasa puas membayangkan Piala yang akan  diperebutkan di event ini.

Piala Grand Champion Crowntail/serit
Minggu 1 November 2015 bertempat di rumah Ketua ABI kami Panitia pelaksana kontes yang berjumlah 7 orang, yakni Bang Edi, Agung Karim, Om Arief SL, Om Boy Liem, Om Fai, Om Olib dan Ante Ajizah melakukan rapat teknis terakhir. Setelah menginventarisir aquarium yang akan di pakai , kami agak kaget karena kemungkinan hanya ada sekitar 800 aquarium yang ready untuk dipakai. Maka dari itu lah kami memutuskan membatasi jumlah maximum 100 ekor ikan bagi 1 orang/nama peserta, dan melakukan pembukaan pendaftaran jauh jauh hari sebelumnya. Di rapat ini saya juga memaparkan tentang applikasi  untuk rekapitulasi peserta yang langsung bisa live di lihat secara online melalui bettaholics.com ,situs kesayangan pemirsa ini, serta penggunaan barcode di stiker aquarium, applikasi ini memang sudah disiapkan dan di matangkan jauh jauh hari oleh saya dan Ajizah untuk lebih memudahkan rekap dan juga memudahkan peserta memantau hasil dari kontes secara live via bettaholics.com .

panitia
Ajizah

Karena di event ini akan di adakan seminar juga membuat saya dan Bang Edi harus memecah fokus, antara kepanitiaan kontes dan adminitrasi seminar, yang membuat lumayan stres karena hari pun makin mendekati hari H event namun masih banyak yang belum terselesaikan. Namun syukur keseluruhannya bisa terpenuhi menjelang deadline, kami memutuskan untuk meloading aquarium mulai hari Senin 9 November 2015. Mulai siang saya dan Arief SL pun standby di Hall B2 JIExpo Kemayoran yang menjadi lokasi hajatan ini, setelah datang truk pengangkut aquarium dan di susul oleh om Fai dan sugeng yang membawa sebagian rak dan aquarium tambahan kami pun mulai mengerjakan setting, namun keterbatasan waktu yang di sediakan oleh pihak pengelola yang hanya memberikan batas waktu hingga Pukul 22.00 membuat pekerjaan masih banyak yang tertunda sehingga harus dilanjut esoknya. Selasa 10 November 2015 kami pun melanjutkan pengerjaan setting, alhamdulillah kami mendapatkan kabar seluruh Piala sudah ready dan sudah bisa di ambil, Saat pengerjaan setting aquarium, lagi lagi karena keterbatasan waktu, padahal kami sudah mendapatkan perpanjangan waktu hingga pukul 00.00 namun air aquarium masih belum bisa terisi seluruhnya, sehingga saat kami mendengar kabar dari Om Olib bahwa peserta yang pendaftar sudah mencapai 750an kami akhirnya memutuskan untuk menutup pendaftaran dan tidak menerima pendaftaran lagi di tanggal 11 nya, ini karena kami masih belum melakukan pengecekan ulang apakah aquarium bisa di pakai seluruhnya atau ada yang bocor/pecah. Alhamdulillah esok paginya di Hari H seluruh air aquarium dan setting sudah rapih. 

Rabu 11 November 2015 And Finally ABI Proudly Present The Biggest Betta Contest of This Year, Kontes Ikan Cupang Hias Piala Kementerian  Kelautan Perikanan Indonesia "Indonesia Tanah Air Betta".





Siangnya para peserta pun sudah mulai bermunculan untuk daftar ulang dan bench in ikan, its time for Ajizah take an action hehehe...  Sayangnya Asisten yang sedianya membantu Ajizah untuk menangani pendaftaran mendadak sakit sehingga Ajizah hanya sendirian menangani Input peserta, namun stukur ada Om Arief SL yang menemani dan membantu Ajizah di bagian pendaftaran ini.







Dan sore itu saya pun sudah semaput berat... Syukur panitia yang lain ditambah sahabat sahabat cupangers lainnya seperti om Suugeng, Om Bowok Priok dan Om Andi Papua tetap bersemangat membantu peserta untuk Bench In.





Malamnya lumayan udah agak berasa segeran lagi karena makin banyak para sahabat cupangers yang muncul dari berbagai penjuru Indonesia, membuat saya kembali bersemangat lalu saya dan Bang Edi pun berkeliling Mencari hotel untuk para peserta luar daerah dan panitia, sedikit frustasi juga karena hotel hotel disekitaran sudah penuh semua, namun akhirnya kami dapat juga menemukan hotel untuk beristirahat. Setelah itu saya langsung cabut menuju bandara Soeta untuk menjemput om Rizal daq kawan kawan dari Aceh Betta Community yang sudah jauh jauh datang dari ujung barat Indonesia demi meramaikan event ini. Syukur tepat pukul 00.00 pun seluruh ikan peserta sudah selesai masuk semua ke arena, walaupun masih belum tertata rapih seluruhnya.

Kamis 12 November 2015 its a Judgement Day, Karena Ibu Sus Pudjiastuti ,Mentri Kelautan Perikanan Hadir untuk membuka keseluruhan rangkaian event yang berbarengan dengan kontes cupang hias ini maka pagi harinya panitia melakukan penataan letak Aquarium arena kontes. Siang harinya tepat pukul 14.00 akhirnya penjurian pun di mulai.
Bang Hermansyah dan Abah kamil

Jajay Surajay
Juri utama yang bertugas kali ini ada 6 orang yakni, Abah Mustafa Kamil, Bang Edi Sudardjat, Bang Hermansyah, Agung Karim, Om Arief SL, Om Bagja Jay (bandung) dan ditambah beberapa orang pendamping  para cupangers luar daerah yang sekalian magang dan belajar, seperti om Rizal, Om Yan Syah Dll. Kali ini saya satu team bersama bang Hermansyah, di tambah 2 orang pendamping. Saat mulai penjurian untuk memilih nominasi saya kaget karena melihat betapa ikan ikan yang turun mempunyai kualitas yang bagus nya benar benar merata, weleh para sahabat cupangers kali ini bener bener mengeluarkan seluruh amunisi terbaiknya, bener bener menguras energi dan menuntut konsentrasi penuh. hingga akhirnya menjelang sore baru bisa terselesaikan proses penentuan keseluruhan nominasi.






Saat Penentuan Juara 1,2,3 di setiap kelasnya membuat mata saya makin juling karena ikan yang masuk dalam jejeran nominasi setiap kelas hampir imbang-imbang kualitasnya, benar benar menguras energi otak dan konsentrasi untuk menentukan juara di masing masing kelas. Perlahan namun pasti akhirnya walaupun beberapakali mengalami hambatan karena memang ada beberapa kelas yang bener bener keras dalam menentukan juaranya tapi akhirnya bisa selelsai semuanya.











Setelah beres menentukan juara di setiap kelasnya kami pun langsung memproses pemilihan Grand Champion di setiap kategorinya.

Di kategori Serit/Crowntail dari 7 ekor ikan Juara Satu yang bertarung, ada ikan jawara kelas bebas yang mencuri perhatian saya , ikan hitam dengan wash merah ini begitu gagah menantang kandidat lainnya, hanya ada satu ekor ikan lainnya yang bisa menyaingi nya yakni ikan jawara kelas maskot, namun saat juri melakukan voting, akhir nya jawara kelas maskot pun terpaksa harus bertekuk lutut mengakui keunggulan jawara kelas bebas milik H. Indra Balikpapan ini untuk menjadi yang terbaik di Kategori Serit/Crowntail dengan mengantongi 5 suara juri.

Grand Champion Serit/Crowntail

Di Kategori Halfmoon dari 9 ekor ikan Juara Satu yang berebut menjadi champion, ikan jawara bebas terang milik Hendry Sutrissno - Jakarta melenggang tanpa hambatan, form yang begitu ciamik menjadi senjata utama melibas seluruh lawan lawannya setelah mengantongi enam suara juri.

Dikategori Plakat ada 12 ekor ikan Juara satu yang sibuk mencari perhatian juri juri demi menjadi yang terbaik di kelasnya, namun 11 ikan lainnya di buat tak berdaya oleh ikan Jawara kelas bebas gelap bernomor aquarium 562 milik Opunk Betta - Ciledug, Ekor yang ngablak dan bermain dengan tenang membuat nya mampu mengantongi 6 suara juri.

Grand Champion Plakat

Pada kategori Giant, dari 7 ekor ikan jawara masing masing kelas yang memperebutkan gelar terbaik di kategorinya, ikan Raksasa Jawara kelas Junior Bebas gelap mempencundangi lawan lawannya setelah mengantongi mutlak 6 suara juri.

Grand Champion Giant

Di kategori Junior ada 11 ekor ikan unyu jawara masing masing kelas yang bertanding, dan akhir nya kami memilih 3 ekor kandidat dari masing masing jenis untuk beradu menjadi yang terbaik, ikan jawara Halfmoon Bebas Gelap membuat tak berdaya kandidat lainnya yakni Jawara Junior Serit Bebas setelah menghajarnya
dengan meraih 4 suara juri melawan 2.

Grand Champion Junior
Setelah melalu pertarungan sengit akhirnya Hendry Sutrisno - Jakarta melenggang menjadi Juara Umum Serta Peraih Trophy Kementrian Kelautan Perikanan RI. Babeh (panggilan akrab beliau) Meraih 266 pion, unggul 51 poin dari pesaing terdekanya yakni Meilya Suanto - Bekasi


Babeh Hendry In ACtion











Ente sebut harga berafa ini semua, fasti ane bayarin
Alhamdulillah akhirnya selesai sudah event bergengsi yang sudah lama di nanti nanti oleh cupangers kontes mania Indonesia ini.

Selamat Kepada Seluruh Para Pemenang, yang belum Mendaoat juara semangat terus n tetep terus fight dan berusaha
Sukses terus buat seluruh cupangers Indonesia!

Kami Selaku Panitia Mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Kementrian Kelautan Perikanan RI, Khususnya Direktorat Bina Mutu dan Diversifikasi, yang sudah mempercayai Asosiasi Betta Indonesia selaku penyelenggara event ini. 

Terimakasih dan yang teramat besar dari kami bagi para cupangers Indonesia dari seluruh elemen yang sudah berpartisipasi meramaikan serta mensukseskan event ini, kalian benar benar luar biasa Muantab!! Our Fish is Small But Our Community Is The Largest, A Small fish With A Huge World!

Spesial terimakasih untuk Pak Maman Hermawan, Pak Edi Sofyan, Pak Hadi Susanto, Pak Asep, Pak Sonni, Pak Yoga dari Kementrian Kelautan Perikanan RI, yang sudah banyak membantu kami.. Hehe jangan bosan bosan yah pak untuk terus Support kami.

Kami Juga Memohon Maaf yang sebesar besarnya jika terdapat kekurangan dan kesalahan di event ini, semoga ini semua menjadi pelajaran bagi kami semua untuk terus berbenah diri dan menjadi makin lebih baik kedepannya.

Saya pribadi mengucapkan Selamat dan Terimakasih banyak kepada Team Panitia ABI yang sudah bukan main bekerja keras siang malam. Bang Edi Sudardjat Ketua Kami yang sudah sukses membawa ABI sampai ke sini, luar biasa bang, Om Arief SL, om Boy Liem, om Fai, Om Olib, Neng Ajizah..  Serta om Sugeng, om Bowo Priok, om Andi Papua and om Mohawk... Tiada kata selain Terbaik untuk kalian. 


Buat Neng embeb Ajizah spesial thanks yah udah membantu mewujudkan Live Result online, neng embeb emang cihuyy dah.

Om Arif SL jangan Ambek Ya :P


Mohon maaf jika ada kekurangan, kesalahan penulisan dll, kasih tau ya kalo da salah salah ada yang mw ditambahin, nantinya bakalan saya update lagi.

Untuk lain lain yang terkait event seperti seminar dll, ini akan saya saya tulis di posting lain.
Thanks all.



     Daftar Juara  Kontes Ikan Cupang Hias 
  “Indonesia Tanah Air Betta” Tahun 2015



     Juara Umum                                 :  Hendry Sutrisno, Jakarta, Point 266

Grand Champion Serit                :  H. Indra, Balikpapan, No. Akuarium 199

Grand Champion Halfmoon      :  Hendry Sutrisno, Jakarta, No. Akuarium 470

Grand Champion Plakat             :  Opunk Bettas, Cileduk, No. Akuarium 562 

Grand Champion Giant               :  Hendry Sutrisno, Jakarta, No. Akuarium 451  
 
Grand Champion Junior             :  Meilya Suanto, Bekasi, No. Akuarium 022


Kode
Nama
Asal

Kode
Nama
Asal
Crowntail / Serit (5cm-Up)

Halfmoon (5cm-Up)

A
1
Dasar Terang



B
1
Dasar Merah

1
106
A1
Reno
Jawa Timur

1
134
B1
H Indra
Balikpapan
2
188
A1
H Indra
Balik Papan

2
10
B1
Meilya Suanto
Bekasi
3
5
A1
Meilya Suanto
Bekasi

3
417
B1
Hendry Sutrisno
Jakarta












A
2
Dasar Gelap



B
2
Dasar Terang

1
411
A2
Hendry Sutrisno
Jakarta

1
11
B2
Meilya Suanto
Bekasi
2
273
A2
Irfan Lesmana
Tangerang

2
515
B2
Sven
Jakarta
3
673
A2
Yandi BCI
Tangerang

3
25
B2
Meilya Suanto
Bekasi












A
3
Dasar Hitam



B
3
Dasar Gelap

1
194
A3
H Indra
Balik Papan

1
148
B3
H Indra
Balik Papan
2
464
A3
Hendry Sutrisno
Jakarta

2
367
B3
Betta Bunker
Jakarta
3
674
A3
Yandi BCI
Tangerang

3
366
B3
Betta Bunker
Jakarta












A
4
Kombinasi



B
4
Hitam/Copper

1
675
A4
Yandi BCI
Tangerang

1
325
B4
Betta Bunker
Jakarta
2
463
A4
Hendry Sutrisno
Jakarta

2
323
B4
Betta Bunker
Jakarta
3
628
A4
Daniel BCI
BSD

3
565
B4
Saint's Betta
Betta












A
5
Maskot



B
5
Kombinasi

1
558
A5
Zulkifli Daud
Jakarta

1
394
B5
Hendry Sutrisno
Jakarta
2
359
A5
Betta Bunker
Jakarta

2
603
B5
MABES
Malang
3
292
A5
BSC Sidoarjo
Sidoarjo

3
304
B5
Betta Bunker
Jakarta












A
6
Bebas Terang



B
6
Bebas Terang

1
362
A6
Betta Bunker
Jakarta

1
470
B6
Hendry Sutrisno
Jakarta
2
414
A6
Hendry Sutrisno
Jakarta

2
469
B6
Hendry Sutrisno
Jakarta
3
550
A6
MABES
Malang

3
468
B6
Hendry Sutrisno
Jakarta












A
7
Bebas Gelap



B
7
Bebas Gelap

1
199
A7
H Indra
Balik Papan

1
733
B7
Betta Lawang Sewu
Semarang
2
9
A7
Meilya Suanto
Bekasi

2
159
B7
H Indra
Balikpapan
3
630
A7
Daniel BCI
BSD

3
395
B7
Hendry Sutrisno
Jakarta


















B
8
Dragon







1
98
B8
Meilya Suanto
Bekasi






2
471
B8
Hendry Sutrisno
Jakarta






3
419
B8
Hendry Sutrisno
Jakarta


















B
9
Marble / Fancy







1
197
B9
H Indra
Balik Papan






2
370
B9
Betta Bunker
Jakarta






3
731
B9
Idris




Kode
Kategori
Asal

Kode
Kategori
Asal
Plakat (4cm-Up)

GIANT

C
1
Dasar Merah /Hitam 


D
1
Bebas Terang

1
657
C1
ABC Aceh
Aceh

1
172
D1
H Indra
Balikpapan
2
48
C1
Meilya Suanto
Bekasi

2
208
D1
H Indra
Balikpapan
3
421
C1
Hendry Sutrisno
Jakarta

3
444
D1
Hendry Sutrisno
Jakarta












C
2
Dasar Gelap



D
2
Bebas Gelap

1
574
C2
Thomas Betta Kece
Bogor

1
451
D2
Hendry Sutrisno
Jakarta
2
584
C2
Canary Betta
Depok

2
343
D2
Betta Bunker
Jakarta
3
79
C2
Meilya Suanto
Bekasi

3
445
D2
Hendry Sutrisno
Jakarta












C
3
Dasar Terang



D
3
Kombinasi

1
287
C3
Queen Betta
Tangerang

1
453
D3
Hendry Sutrisno
Jakarta
2
653
C3
SBC Karawang
Karawang

2
210
D3
H Indra
Balikpapan
3
428
C3
Hendry Sutrisno
Jakarta

3
353
D3
Betta Bunker
Jakarta












C
4
Kombinasi



D
4
Marble / Fancy

1
203
C4
H Indra
Balikpapan

1
455
D4
Hendry Sutrisno
Jakarta
2
712
C4
Jajang Bettmen
Bandung

2
177
D4
H Indra
Balikpapan
3
30
C4
Meilya Suanto
Bekasi

3
75
D4
Meilya Suanto
Bekasi












C
5
Bebas Terang



D
5
Bebas Terang

1
545
C5
MABES
Malang

1
76
D5
Meilya Suanto
Bekasi
2
540
C5
Fendy BBC
Surabaya

2
41
D5
Meilya Suanto
Bekasi
3
80
C5
Meilya Suanto
Bekasi

3
669
D5
Cupang pasbid
Jakarta












C
6
Bebas Gelap



D
6
Bebas Gelap

1
562
C6
Opunk Bettas
Cileduk

1
77
D6
Meilya Suanto
Bekasi
2
264
C6
Mardian
Jakarta

2
181
D6
H Indra
Balikpapan
3
258
C6
Mardian
Jakarta

3
459
D6
Hendry Sutrisno
Jakarta












C
7
Dragon Terang



D
7
Kombinasi

1
83
C7
Meilya Suanto
Bekasi

1
78
D7
Meilya Suanto
Bekasi
2
329
C7
Betta Bunker
Jakarta

2
702
D7
Edgar
Jakarta
3
688
C7
Yandi BCI
Tangerang





  












C
8
Dragon Gelap







1
84
C8
Meilya Suanto
Bekasi






2
259
C8
Mardian
Jakarta






3
265
C8
Mardian
Jakarta


















C
9
Marble / Fancy







1
706
C9
Bagashiwa Betta







2
232
C9
Daniel
Pontianak






3
207
C9
H Indra
Balikpapan


















C
10
Copper







1
495
C10
Hendry Sutrisno
Jakarta






2
70
C10
Meilya Suanto
Bekasi






3
116
C10
H Indra
Balikpapan


















C
11
Lavender, Salamander







1
431
C11
Hendry Sutrisno
Jakarta






2
578
C11
Canary Betta
Depok






3
314
C11
 Betta Bunker
Jakarta







 


Kode
Kategori
Asal

Kode
Kategori
Asal
Junior Crowntail ( 3,5 -4,5 cm)

Junior Plakat (2,5-3,5 cm)

E
1
Dasar



E
8
Dasar Terang

1
163
E1
H Indra
Balikpapan

1
45
E8
Meilya Suanto
Bekasi
2
71
E1
Meilya Suanto
Bekasi

2
582
E8
Canary Betta
Depok
3
484
E1
Hendry Sutrisno
Jakarta

3
336
E8
Betta Bunker
Jakarta












E
2
Kombinasi



E
9
Dasar Gelap

1
680
E2
Yandi BCI
Tangerang

1
156
E9
H Indra
Balikpapan
2
118
E2
H Indra
Balikpapan

2
155
E9
H Indra
Balikpapan
3
588
E2
Boston Betta


3
198
E9
H Indra
Balikpapan












E
3
Bebas



E
10
Bebas Terang

1
430
E3
Hendry Sutrisno
Jakarta

1
291
E10
Queen Betta
Tangerang
2
683
E3
Yandi BCI
Tangerang

2
339
E10
Betta Bunker
Jakarta
3
276
E3
Freddy
Tangerang

3
46
E10
Meilya Suanto
Bekasi











Junior  Halfmoon (3,5-4,5 cm)


E
11
Bebas Gelap


E
4
Dasar Terang


1
480
E11
Hendry Sutrisno
Jakarta
1
438
E4
Hendry Sutrisno
Jakarta

2
47
E11
Meilya Suanto
Bekasi
2
295
E4
Betta Bunker
Jakarta

3
541
E11
Fendy BBC
Surabaya
3
479
E4
Hendry Sutrisno
Jakarta


















E
5
Dasar Gelap







1
502
E5
Hendry Sutrisno
Jakarta






2
587
E5
Boston Betta







3
58
E5
Meilya Suanto
Bekasi


















E
6
Bebas Terang







1
482
E6
Hendry Sutrisno
Jakarta






2
594
E6
Jim Breeder
Jakarta






3
377
E6
Betta Bunker
Jakarta


















E
7
Bebas Gelap







1
22
E7
Meilya Suanto
Bekasi






2
547
E7
MABES
Malang






3
398
E7
Hendry Sutrisno
Jakarta








1 comment:

  1. Waw ulasannya keren abis, sayang banget saya telat dapat informasinya kalo ada kontes. crowtail mateng cantikkkkk

    ReplyDelete