Thursday, June 11, 2015

Kontes Cupang Hias Piala Gubernur Kaltim 5-6 Juni 2015

Assalamualaikum Warahmatllahi wabarakatuh.
Aloww All Cupangers.. Kali ini gw bertugas menjuri bersama Bang Edi S, hanya dalam waktu yang berdekatan gw udah berangkat lagi menyambangi Borneo. Kali ini gw menuju ke Ibukota Prov Kaltim yakni Kota Samarinda, sebagai Juri di Kontes yang di adakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim, dan juga di suport oleh Direktoran PPN KKP.
Jumat pagi-pagi buta gw dah bangun dan siap-siap tuk menuju bandara naik Damri dari Bekasi, setengah 6 gw dah naik bus tapi begitu jalan dan masuk pintu tol Bekasi Barat ternyata kemacetan rutin sudah menyambut weleh parah betul macetnya dan ternyata bener-bener PaMer PaHa (Padat Merayap tanPa Harapan) hingga di Semanggi, sempet kepikiran bakalan telat nih, soalnya last check in pada pukul 08.20, syukur alhamdulillah gw bisa sampe terminal 2 tepat pukul 08.00, di depan pintu F2 Bang Edi udah nungguin dengan muka ngilu-ngilu muless takut ketinggalan pesawat hehehe. Lalu kami pun bertemu dengan Pak Edi Sofyan (Kasubdit Promosi dan Jaringan pasar ikan hias) dan Pak Hadi (Kasi Promosi Ikan Hias) Dari Direktorat PPN KKP, yang berangkat bareng menuju ke Samarinda.

Sampai di Bandara Sepinggan Balikpapan gw sama Bang Edi langsung menuju tempat ambil bagasi tuk mengambil tas Bang Edi, namun ternyata itu tas gak nongol-nongol, ternyata setelah kami check itu tas ketinggalan dan ikut next flight wkekekeke apes tenan. akhirnya kami berempat memutuskan makan dulu di Restoran Kepiting Danditto yang berlokasi tidak jauh dari Bandara, padahal gw lagi masih ngeri2 makan kepiting soalnya baru sembuh sakit pas pulang dari Balikpapan kemarin hehehe, tapi setelah hidangan di sajikan dan melihat kepiting soka goreng tepung .. bodo amat lah baru sembuh juga.. Hajjar :D. Setelah makan kami pun langsung ke Bandara lagi untuk mengambil tas apes yang udah dateng menyusul dan langsung melanjutkan perjalanan menuju Samarinda, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam kami pun tiba di Kota yang berada di tepi Sungai Mahakam ini, gw langsung seneng liat pemandangan sungai Mahakam yang cantik nian, lalu kami pun langsung menuju kehotel tuk beristirahat.

Malam nya kami berempat pun keluar tuk mencari makan, lalu kami memutuskan makan soto Banjar, mantab. setelah makan kami pun memutuskan ngopi di pinggir sungai Mahakam sambil menikmati pemandangan malam di tepian sungai. Setelah puas lalu kami pun balik menuju hotel, sesampai ya di hotel lalu Om Agus Betta53  yang juga ketua Panitia kontes pun datang ke kamar kami untuk berkoordinasi tentang kontes besok, lewat tengah malam setelah Om Agus pulang baru lah kami bisa beristirahat.

Pagi nya setelah mandi dan sarapaun kami pun langsung menuju ke arena kontes yang berlokasi di Kantor Gubernur Kaltim, sesampainya disana ternyata sudah ramai dengan para peserta, gw langsung kaget saat mendapat laporan bahwa total entry peserta ada 555 ekor, WoW banget. Mungkin ini lah kontes pertama yang di luar Jawa yang mampu menembus diatas 500 ekor, bukan main. Setelah kontes di Balikpapan mungkin animo dan antusias cupangers makin tinggi. Mantab Betul.

Lalu kami pun memulai tugas, kali ini kami membagi menjadi 2 team, gw bareng sama om Hafids dan satu dari Bontang (maaf gw lupa namanya hehe) dan Bang Edi dengan om Topan dan om Johnny (kalo gak salah ya). Karena ada 46 kelas yang di lombakan dan juri hanya dua tim maka jalannya penjurian lumayan lambat, ditambah kualitas ikan yang turun rata-rata cukup baik makin membuat mata menjadi juling dan jidat berkerut hehehe.

Ditengah-tengah penjurian tuk memilih nominasi datang Bapak gubernur Kaltim yakni Pak Awang Faroek untuk membuka Kontes dan melihat-lihat ikan yang turun, gw lalu mengantar Pak Awang untuk melihat-lihat ikan dan memberikan penjelasan tentang kontes, salut gw sama Bapak yang satu ini walaupun dalam kondisi sakit namun semangatnya tinggi. Setelah Pak Gubernur selesai melihat-lihat ikan lalu kami pun melanjutkan pejurian kembali, setelah selesai seluruh nominasi dan kami break tuk makan siang lalu kami langsung tancap gas lagi memilih juara di kelas masing-masing, ada di beberapa kelas yang lumayan alot penentuan juaranya karena cukup imbang kualitas nominasinya, makin bikin mata gw jereng dah. Namun akhir nya sore hari kami pun bisa menyelesaikan pemilihan juara. Lalu kami langsung melanjut kan memilih Grand Champion masing masing kategori, kali ini ada 7 Grand Champion yang diperebutkan, sepanjang gw main kontes kayanya ini lah kontes yang paling banyak Grand Championnya, biasanya max hanya 5 yang diperebutkan (Crowntail, Halfmoon, Plakat, Giant, Baby/Junior), namun kali ini di kategori masing-masing kategori baby/junior (Crowntail, Halfmoon, Plakat) masing-masing mendapatkan Grand Champion juga.

Pemilihan Grand Champion di kategori Crowntail, ikan merah ferrari jjawara kelas Dasar terang milik H Indra bppn melaju muus tanpa hambatan, meraih 6 suara juri. Di kategori Halfmoon Ikan Dragon milik Ibo Betta Jakarta melenggang tak terbendungoleh lawan-lawannya. Dikategori Plakat lagi lagi ikan milik Ibo Betta Jakarta yang menjadi jawara di kelas bebas terang tidak mendapatkan perlawanan yang berarti dari kompetitornya. Dikategori Giant ikan jawara kelas Suju bebas terang milik H Indra Bppn  akhirnya menjadi yang terbaik setelah melalui perjuangan keras. Di Kategori Baby Crowntail ikan jawara Baby bebas gelap milik Teluk Bayur Betta menjadi yang terbaik. Di kategori Baby Halfmoon ikan jawara baby kombinasi milik H Indra Bppn membuat lawannya bertekuk lutut. Di kategori Baby Plakat lagi lagi ikan milik Teluk Bayur betta jawara baby bebas gelap menjadi yang terbaik setelah melibas lawan- lawannya.

Foto Bareng sang juara umum Teluk bayur Betta Samarinda

Juara Umum kali ini menjadi milik Teluk Bayur Betta Samarinda yang sukses meraih piont terbanyak, sekaligus membalas kekalahan mereka waktu di Balikpapan. Kali ini h indra Bppn harus cukup puas menjadi Runner Up.

Kemudian Pak Gubernur pun datang lagi untuk memilih ikan Favorit pilihan beliau, Setelah ikan-ikan Grand Champion di jejerkan Ternyata beliau memilih ikan Grand Champion Halfmoon milik Ibo Betta Jakarta sebagai ikan pilihan beliau.Lalu Pak Gubernur memberikan sambutan serta menyerah kan piala favorite danJuara umum, serta menyempatkan pula bernyanyi bersama kami, lalu menjanjikan tahun depan akan membuat event kontes yang lebih besar dari yang sekarang. Ada catatan tersendiri yang berkesan bagi gw tentang Bapak yang satu ini, biasanya para kepala daerah hanya datang pada pembukaan ataupun penutupan saja, baru kali ini lah sepanjang gw main kontes cupang hias ada seorang Kepala Daerah yang mau datang dua kali ke arena kontes, pembukaan serta penutupan, padahal kondisi beliau terlihat agak sakit namun semangat nya bukan main.. Salutt banget dan ditambah sosoknya yang terlihat dekat dengan masyarakat makin membuat gw nambah kagum sama beliau. Do'a gw Semoga Pak Awang diberikan kesehatan keselamatan selalu.

Alhamdulillah Akhirnya selesai sudah seluruh rangkaian acara kontes ini, gw ma bangEdi pun langsung menuju Balikpapan, karena team KKP sudah duluan ke Balikpapan akhirnya kami nebeng Pak H Indra menuju Balikpapan, Sesampainya di balik papan kami langsung beristirahat di hotel sebelah bandara, Malamnya kami Nonton Final UCL Barcelona Vs Juventus... Dan Barca jagoan gw pun sukses melibas juve 3-1.. hahaha Lengkap sudah kebahagiaan gw.... Treble! setelah nonton gw langsung mandi dan menuju bandara karena kami flight pukul 6.30 pagi.

Kami Mengucapkan Terimakasih yang sebesar besarnya kepada Bapak Awang Faroek Gubernur Kalimantan Timur Dan Dinas Kelaautan Perikanan Provinsi Kaltim  Serta Direktorat PPN, Subdit Promosi dan Jaringan Ikan hias KKP khususnya  yang sudah mensupport dan menyukseskan kontes ini, Terimakasih juga untuk Pak Edi Sofyan, Pak Hadi dan Pak Soni dari Subdit Promosi dan Jaringan Ikan hias KKP.

Terimakasih banyak juga kepada Panitia kontes dan Cupangers Samarinda, Balikpapan dan sekitarnya  kalian bener-bener hebat. Salut!
Selamat Kepada seluruh Pemenang, yang masih belom Juara tetep semangat yah all..!

Yang seger2 di arena kontes

Narsis sama Yang Manis manisssss hehehe :P

Akhir kata kami mengucapkan Mohon Maaf yang sebesar besarnya jika kami ada kesalahan dan kekurangan.