Wednesday, June 10, 2015

Catatan Perjalanan ke Aceh

Assalamaulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Allow all cupangers.. weleh dah lama gw gak nulis2 di blog ini ya, maklum lah di zman yang makin sulit ini musti fight hard demi kelangsungan hidup. Kali ini gw mau nulis perjalanan gw waktu di undang sebagai narasumber Bimbingan Teknis perikanan oleh Dinas Perikanan Provinsi NAD di Banda Aceh.
Awal nya gw dan Bang Edi S sebagai Ketua dan Sekretaris ABI di undang oleh salah satu SubDit (Promosi dan pengembangan jaringan pasar ikan hias) dari Direktorat P2HP KKP pada hari Selasa 12 Mei 2015, disana kami di terima olejh Pak Hadi (Kasi Promosi ikan hias) dan Pak Asep. Kami membicarakan beberapa hal mengenai Kontes Cupang Hias di BalilkPapan Dan Samarinda yang meminta Juri Nasional melalui KKP, Ternyata pembicaraan makin berkembang dan yang membuat kami senang bahwa KKP akan mengusahakan akan mengadakan Kontes yang akan diadakan oleh ABI pada bulan November2015 dan sekaligus Munas ABI, bukan main Seneng banget gw dengernya. Ditengah tengah pembicaraan itu datang lah dari SubDit lain (Pengembangan UMKM), yang meminta kami untuk menjadi Narasumber dengan Materi Standard Kontes Ikan Cupang Hias Dan Pemasaran Cupang hias di Bimtek yang di adakan oleh DInas Perikanan Provinsi NAD yang di adakan pada tanggal 20-21 Mei 2015, akhirnya gw bersedia untuk berangkat menjadi Narasumber di sana.

Seminggu kemudian Hari Selasa 19 Mei 2015 gw berangkat ke Banda Aceh, sampai di Bandara sore hari  gw udah di tunggu oleh Pak Heru (Salah satu Kasi di Subdit UMKM), dan gw mendapat kabar ternyata pak Maman Hermawan (Direktur PPN) juga ikut berangkat ke Banda Aceh dengan kami, wah kebetulan jadi bisa banyak ngobrol dan belajar dari dengan salah satu Petinggi KKP hehehe. Setelah memlalui penerbangan selama sekitar 3 jam akhirnya kami pun sampai di Banda Aceh sekitar Pukul 21.00, sampai di sana kami langsung makan malam di salah satu Resto Mie Razali yang menyediakan makanan khas aceh yakni Mie aceh, gw pun mesen mie kepiting, uhuyyy muantab. sehabis makan kami langsung menuju hotel untuk beristirahat.

Add caption

Hari Rabu pagi gw berangkat menuju lokasi Bimtek di salah satu hotel di sana (gw lupa nama hotelnya hehehe)  dan akhirnya gw bisa ketemu dengan para sahabat cupangers Aceh dari komunitas ABC (Aceh Betta Community). Lalu acara pun di buka dengan lantunan Ayat Suci Alqur'an, yang bikin gw seneng lalu di lanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, bukan main di daerah Jawa sendiri gw gak pernah nemuin acara acara seminar/bimtek yang membuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mantab. Setelah sambutan Pembukaan oleh Pak Maman Hermawan yang juga sekaligus menjadi Narasumber, Alhamdulillah bisa belajar banyak dari paparan yang beliau berikan.

Sahabat sahabat ABC
Setelah makan siang di lanjutkan oleh Narasumber Pak Heru yang dengan cukup gamblang dan jelas memberikan pemaparannya. Akhirnya tibalah saatnya buat gw tuk memaparkan tentang pemasaran ikan hias, sebenernya mengenai pemasaran ini para pemain sudah banyak mengerti apalagi sekarang zamannya internet dimana seller/breeder sudah bisa ketemu langsung dengan buyer via medsos, paling yang menjadi kendala adalah masalah pengiriman, karenanya sessi ini pun berlangsung tidak terlalu lama. Gw langsung lanjutkan dengan tema utama yaitu mengenai Standard Nasional Kontes ikan cupang hias yang sudah kami bakukan, dan sesi ini pun berlangsung laammaa, karena memberikan pemahaman SNI ini harus benar benar gamblang dan jelas agar nantinya tidak menimbulkan miss persepsi. Alhamdulillah para sahabat cupangers Aceh memberikan respon yang baik dan banyak pertanyaan pertanyaan dari para sahabat yang cukup bagus. Akhirnya menjelang maghrib sessi ini baru selesai hehehe weleh lama aja ya hampir 3 jam. gw memutuskan sessi besoknya langsung dengan praktek, untuk itu gw pun meminta para sahabat cupangers untuk membawa ikan keesokan harinya.

Malam harinya gw di jemput oleh sahabat gw dri hobby lainnya yakni om Nizar, diajak jalan jalan mengelilingi kota Banda Aceh, kagum banget gw ma kota ini, bekas bekas tragedi tsunami sudah hilang lenyap, dan menjadi kota yang makin indah. Lalu kami pun menuju sebuah coffee shop karena para sahabat ABC sudah menunggu untuk ngobrol ngobrol sambil ngopi, senang banget gw bisa kumpul lepas ngobrol tentang perkembangan cupang hias di Aceh, Alhamdulillah para sahabat cupanger disini begitu bersemangat tuk membangun dunia hopbby yang kita cintai ini. tak terasa waktu pun sudah melewati tengah malam, waktunya kembali ke hotel tuk beristirahat.

Paginya gw bangun setelah sarapan kami pun langsung menuju ke kantor Dinas Perikanan Prov. NAD, untuk melanjutkan bimtek. Sessi kali ini adalah sessi praktek menilai ikan cupang hias, walaupun banyak nya ikan kurang memadai dan apa adanya saya gw pun memulai sessi ini, Alhamdulillah pada saat saya mencoba semacam kuis untuk menentukan juara banyak dari para sahabat yang mampu menilai ikan dengan baik. Setelah itu pun kami berinteraksi kembali dan gw pun buanyak di hujani pertanyaan pertanyaan baik tentang kontes dan perawatan dan banyak lagi yg di luar materi hehehe, bukan main semangatnya para sahabat ABC. Alhamdulillah lewat tengah hari seluruhnya bisa selesai. Selesai sudah Tugas gw hehehe

Yang menjadi catatan utama gw, bahwa Dinas Perikanan Prov Banda Aceh sudah memberikan perhatian yang begitu luar biasa terhadap Cupang hias sehingga bisa memfasilitasi acara ini, Yang disupport juga oleh Direktorat P2HP KKP karena baru pertamakali ini ada acara bimtek/seminar yang di adakan Oleh Dinas. Gw berharap klub/komunitas cupangers daerah daerah lainnya bisa menjalin kerjasama dengan Dinas Dinas di daerahnya masing-masing. Karena acara-acara seminar sosialisasi seperti ini lah yang nantinya bisa menelurkan Juri-Juri didaerah, serta makin membuat Kontes-kontes Cupang hias di daerah menjadi makin greget. Bagi para sahabat cupangers daerah lain yang ingin mengadakan bimtek/seminar seperti ini juga bisa kontak langsung belajar dari para sahabat ABC (link FB ABC ) untuk mendapatkan tips bagaimana menjalin kerjasama dengan Dinas untuk mengadakan acara seperti ini.

Saya Mengucapkan Terimakasih yang sebesar besarnya kepada Direktorat PPN dan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NAD  yang telah full support untuk acara ini. Terimakasih banyak juga untuk para sahabat dari ABC, tetep semangat all... Muantab

Terimakasih juga buat Pak Maman Hermawan ( Direktur PPN), Pak Heru Sulistiyo, Serta Bu Nova (Dinas Perikanan dan Kelautan  Provinsi NAD.