Tuesday, October 6, 2020

Guide/Cara Mengikuti Kontes Ikan Cupang Hias Baik itu SNI Atau IBC Bagi Pemula.



Assalamualaikum all 

Jika di kota2 sahabat atau di sekitarnya ada kontes ikan cupang hias, dan sahabat ingin mengikutinya tapi bingung caranya. Nah begini caranya.

1. Punya ikan Cupang Hias
Nah ini wajib punya pastinya
Ikan mw beli mahal, beli murah, breeding sendiri, dapet nyewa, dapet nemu Dll.  Pokoke Ikan Cupang. jangan bawa ikan hiu

2. Perhatikan brosur

Biasa nya di brosur ada Beberapa penjelasan dan ketentuan. Kalo banyak yang tidak dipahami, Lihat Yang utamanya aja.

Lihat tanggal kontesnya, lihat tanggal masuk ikannya. Misal biasanya di kontes2 Itu rata2 dua hari Di SNI Atau tiga hari Di IBC.

Contoh di Bekasi Nanti 31 Oktober - 1 November. Artinya Pendaftaran dan masuk ikan di Hari Sabtu 31 Oktober Dan Penjurian hingga selesai keluar ikan di hari Minggu 1 November.

Kalau di tanggal kontesnya hanya 1 hari artinya masukin Ikannya Pagi dan Penjuriannya siang sampai selesai (biasanya di Event2 latber atau kecil)

Sedangkan tiga Hari Di IBC itu misal Kontes Tanggal 1-3, Artinya Tanggal 1 Pendaftaran/bench in ikan, tanggal 2 Penjurian, tanggal 3 pembagian Piala dan keluar ikan.

Untuk hal2 lain yg terkait di brosur kalau belum paham baiknya bertanya langsung saat datang daftar ikan. 

3. Datang kearena Saat Pendaftaran dan masuk Ikan.
Contoh di Bekasi Nanti sahabat datang di hari Sabtu tanggal 31 Oktober. 

Sahabat datang di tanggal tersebut dan Bawa ikannya kearena, Nah untuk Yang belum Paham ikannya Masuk ke Kategori dan kelas Mana aja, Sahabat Bisa bertanya Kepada Panitia,  tunjukin aja ikannya nanti ke panitia, nanti akan ada panitia yang guide/memandu untuk masuk ke kelas mana.

Setelah mengurus membayar pendaftaran dan registrasi, panitia akan Memberikan Aquarium atau Toples untuk wadah ikan beserta stiker Nomor aquarium/kategori/kelas, dan sudah berisi air juga, tapi kalau sahabat pengen ganti Make air sendiri silahkan, selama air tidak berwarna.

Setelah peserta memasukkan ikan dan menempel stiker aquarium, sahabat kembalikan lg aquariumnya kepada panitia untuk di susun sesuai kategori Masing2. Dan jangan lupa menyimpan Formulir pendaftaran untuk mengambil ikan kembali nantinya.

4. Jangan sungkan2 Bertanya
Tanyakan kepada panitia segala hal yg belum di mengerti. 

Setelah Masuk Ikan jangan langsung pulang, ngopi2 dulu lah, bergaul, saling kenal dan sharing, tidak usah sungkan2, kontes adalah tempat paling efektif untuk di kenal dan mengenal.

5. Datang saat penjurian

Di hari minggu tanggal 1 Novembernya sahabat bisa kembali datang ke arena kontes, biasanya penjurian di mulai rata2 sejak pukul 10.00 hingga selesai. Sambil menunggu penjurian sahabat bisa berinteraksi sambil ngopi2 dengan sahabat2 peserta lainnya jg, jangan diem aja di pojokan, kek ikan kena dropsy.

Bawa duit yg banyakan buat jajan soalnya nungguin penjurian lama.

6. Ikuti seluruh instruksi panitia demi kelancaran event.
Harap mengikuti dan mematuhi pentujuk ataupun instruksi dari panitia, terutama di masa Pandemi ini.

7. Setelah penjurian dll selesai, sahabat bisa mengambil ikan kembali dengan menunjukan formulir pendaftarannya.

Kalo Menang traktir2, kalo kalah jangan patah semangat, minimal kalian sudah mendapatkan ilmu dan sahabat2 baru di kontes. Dan itu bakalan makin berguna buat kalian menghadapi kontes2 berikutnya.

Nah itu dia Guide nya ya, semoga bermanfaat

Ayo Ngontes

Agung Karim
Bettaholics

#kontescupangbagipemula

1 comment: