Monday, February 3, 2014

Cara melihat ikan cupang hias agar tidak meleset

Assalamualaikumm..

Alow all... Kali ini gw mw ngasih sedikit tips cara melihat ikan hias.



Kadang kala jika kita membeli ikan ternyata jika sudah sampai dirumah atau beberapa hari kemudian kita baru ngeh kalau ikan itu mempunyai kekurangan/kelemahan, apalagi kelemahannya fatal seperti kedokan tidak membuka sebelah, dasi yang terbang, dll, ini di sebabkan karena biasanya kita tidak teliti ataupun sudah terpesona dengan kelebihan2 ikan tersebut, misal ngelihat warnanya yang bagus ekornya besar dan luebar, ekor serit yang rapih dan tebal dll, sehingga kita jadi lengah dan melewatkan hal2 yang terpenting lainnya, dan juga sering gw liat para pemain ngelihat ikan ngacak2  lihat ekor terus lihat ke kepala lihat lagi ke ekor, lihat ke dorsal, lihat lagi ke ekor, lihat ke anal, lihat lagi ke kepala.


Yang patut diingat dalam memilih ikan kontes kita tidak boleh melihat ikan hanya dari warnanya yang bagus saja, bentuk ekornya yang lebar, serit yang menyilang/KCT dll. Karena ini ikan untuk kontes maka kita harus melihat secara keseluruhan, keindahan itu harus utuh secara menyeluruh.


Tips gw ke sahabat cupangers agar tidak meleset lagi, maka biasa kan lah melihat ikan secara keliling, kalo gw biasanya melihat ikan mulai dari kepala, lalu ke dorsal lalu ke ekor, lalu ke sirip anal/bawah, lalu ke dasi, dan stop di kepala lagi. Ini akan meminimalisir kita terpesona oleh salah satu bagian ikan saja sehingga kita melewati hal2 yang terpenting lainnya. Urutannya terserah para sahabat apakah mulai dari ekor atau dari dorsal, pokoknya biasakan melihat secara berkeliling menyeluruh.

Sekali Lagi ingat bahwa ikan cupang hias itu tidak di nilai dari satu bagian saja.. Tapi keseluruhan!

Sekian tips ringan dari gw.. Semoga bermanfaat all!


1 comment:

  1. Terima kasih atas tipsnya.Ulasan yang Anda sampaikan bermanfaat dan tentunya bagi para pemula yang ingin terjun mencari ikan berkualitas dan mencari ikan untuk dikonteskan.

    ReplyDelete