Rabu, 16 Mei 2012

Kontes Piala Dirjen P2HP, Deklarasi Dan Munas I Asosiasi Betta Indonesia, Pakuwon Trade Center, Surabaya 27-29 April 2012




Alow All karena lumayan padetnya kesibukan gue untuk bertahan hidup di dunia yang kejam ini, gue baru bisa posting nih tulisan sekarang, mana lumayan Panjang nih tulisan hehehe..Ok deh langsung aja Met Baca All!

Kamis 26 April 2012

Akhirnya jadi juga gue berangkat ke Surabaya untuk menghadiri salah satu event besar tahun yaitu Piala Dirjen P2HP, dan juga sekaligus menghadiri salah satu moment penting yaitu Deklarasi berdirinya Asosiasi Betta Indonesia serta Munas I ABI, sebuah event pertama kali yang panitianya kolaborasi antara sahabat-sahabat di Surabaya dan kami di Jakarta. 

Sudah kebayang aja di kepala gue bakalan seru dan ramenya event ini. Gue berangkat bareng sama Arif SL dan dua orang sesepuh yakni Bang Edi S dan Aba Kamil mereka bertiga akan ngejuri di sana, sedangkan gue dalam rangka jadi turis aja (gaya dikit), secara gue lagi gak punya ikan hehehe. Take off dari Soeta jam 10an pagi telat 1 jam dari jadwal yang seharusnya jam 9, sampe di Juanda Surabaya jam setengah 12 kita di jemput oleh Ketua panitia pelaksana yakni Mas Yakin, kami langsung di ajak tuk jemput salah satu dedengkot cupang hias Surabaya yaitu Pak Hendra Satelite dikantornya, setelah itu kami pun langsung di ajak makan di salah satu resto soto yang ngetop di sini yakni Tosoto, wedew manteb banget baru dateng langsung di ajak makan, kebetulan gembel di perut udah teriak-teriak karena belom di umpanin sejak pagi tadi hehehe, dan ternyata sotonya mantabb juga. 


Setelah tangki penuh kami pun langsung menuju ke homestay tempat kami menginap di daerah dukuh kupang, setelah beristirahat dan mandi kami pun langsung menuju ke Pakuwon Trade Center, sesampainya di sana gue lumayan kagum juga dengan arena kontes dan pamerannya yang besar dan luas, secara  Event kontes ini berbarengan juga dengan Hajatan 8th All Indonesia Koi Show 2012 yang mebutuh kan space amat besar. Di lokasi gue ketemu sama Pak Jhoni Haryono dari Direktorat P2HP KKP dan Pak Aritonang dari Sudin Perikanan Jakarta Barat, mereka sedang semangat mengatur berbagai setting arena, salut banget gue dengan perhatian kedua orang ini terhadap perkembangan dunia hobby yang kita cintai ini. Kami pun langsung sibuk dengan berbagai persiapan untuk menyukseskan event ini, apalagi para peserta dari berbagai daerah sudah mulai bermunculan juga di arena, lewat tengah malam kami pun kembali ke homestay untuk beristirahat.

Jum’at  27 April 2012

Bangun tidur gue pun langsung mempersiapkan materi untuk seminar dan Deklarasi Serta Munas I ABI, setelah shalat Jum’at kami pun langsung menuju ke lokasi di PTC,  tepat pukul 02.00 seminar pun di buka oleh Direktur Pengembangan Produk Non Konsumsi yakni Bapak  Dr. Maman Hermawan, M.Sc, Acara seminar ini juga di hadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan perikana Provinsi Jawa timur Bpk. Ir. Kardani, MM,  Ketua Komisi Ikan Hias Indonesia Budi Wijaya. 
Dari kiri ke kanan Budi Wijaya KIHI, Dr Maman Hermawan, Ir Kardani


Para peserta nya adalah para mania cupang, mahasiswa, dll. Sebagai narasumber nya adalah gue sendiri yang membawakan materi “Kontes Sebagai Lokomotif Promosi Ikan Cupang Hias, Arief SL yang membawakan materi “Cupang alam”,  Yakin yang membawakan materi “Cupang Adi, Mendulang Rupiah dari halaman sempit”, Edi Sudardjat “Sentra Jakarta Barat”, Medi “Sentra Kediri”, Arthur Halik Razak “Perkembangan cupang Hias Makassar”.




Setelah seminar selesai lalu di lanjutkan oleh pembacaan Piagam Deklarasi Berdirinya Asosiasi Betta Indonesia oleh para perwakilan klub/perkumpulan seluruh Indonesia yang hadir.

Isi dari Piagam Deklarasi ini adalah sebagai berikut :

“Hari ini, Jum’at 27 April 2012
Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa,
Kami seluruh perkumpulan/komunitas/klub ikan cupang seluruh Indonesia
Bersepakat, Bersatu hati, Merapatkan barisan dalam sebuah wadah Asosiasi yang berkomitmen untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat melalui pembudidayaan ikan cupang serta mengharumkan nama Bangsa Indonesia di Dunia Internasional.
Oleh karena itu, Dengan ini kami Mendeklarasikan berdirinya “Asosiasi Betta Indonesia” yang selanjutnya disingkat  ABI, demi kepentingan kami bersama dan untuk kemajuan ikan cupang Indonesia.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa menjadi Saksi kesungguhan Kami, meneguhkan Kami selalu dalam satu tekad yang sama, serta merestui niat Kami semua.
Atas nama seluruh perkumpulan/komunitas/klub ikan cupang  seluruh Indonesia.”

PIAGAM DEKLARASI ABI YANG DI SAKSIKAN DAN DITANDATANGANI OLEH DIRJEN P2HP DAN DIRJEN PERIKANAN BUDIDAYA
Setelah itu kami pun langsung lanjut ke acara Musyawarah Nasional Asosiasi Betta Indonesia yang I, di munas ini bang Edi Sudardjat terpilih sebagai Ketua Umum ABI periode 2012-2015, untuk berbagai detail tentang ABI akan gue tulis pada tulisan berikutnya.

Ketua Umum Terpilih ABI Bpk. Edi Sudardjat
Setelah selesai seluruh rangkaian acara Munas lalu para peserta pun mulai memasukkan ikan di arena, rame dan seru kalo liat para hobbiis sibuk mempersiapkan, mengecheck ikan untuk di turunkan, banyak juga yang berkeliling mengintip para ikan-ikan hobbiis lain yang sedang di persiapkan turun. Gue cuman bisa gigit jari karena gak bawa ikan untuk di turunkan hadeuhh nyessell juga, akhirnya gue pun memutuskan untuk pulang ke homestay tuk beristirahat.


Sabtu 28 April 2012
Bangun tidur  jam 12.00 lebih wah kesiangan bangetttt gue bangunnya… Dan bener aja ternyata gue tinggal sendirian di homestay temen-temen lain udah pada pergi semua ke arena kontes, weleh untung ada bos Hendra yang berbaik hati menjemput bareng berangkat ke Pakuwon.. hehehe. 

Sesampainya di arena ternyata kontes sudah memasuki babak penentuan juara di masing-masing kelas, dengan peserta 435 ekor ikan, karena berhubung gue gak turun ikan jadi gue bisa leluasa keluyuran tuk ngobrol-ngobrol bareng temen-temen hobbiis yang ememadati arena kontes, banyak pula wajah-wajah baru yang gue gak pernah lihat di kontes-kontes sebelumnya, gue paling seneng kalo lihat banyak pendatang baru di arena, ini artinya makin banyak masyarakat yang tertarik oleh dunia hobby ini. 
Ahmad Rifai  (tengah baju hitam pakai topi) Sang Juru Foto Andalan
Karena gak fokus liat-liat ikan yang di lombakan maka gue gak bisa komen tentang ikan-ikan yang menjadi Juara atau grand champion.
Juara I Serit kombinasi
Juara I Plakat Kombinasi
Juara I Plakat Dragon Gelap
Juara I Halfmoon Marble
Grand Champion Serit kali ini di sabet oleh Ikan Serit Merah milik Halim Cupang Pontianak.
Juara I Serit Dasar merah Dan Grand Champion Serit
Grand Champion Halfmoon di raih ikan halfmoon kombinasi milik Hendry Sutrisno Jakarta, sebagai catatan bahwa ikan ini telah meraih total 4 Grand champion di berbagai kontes.
Juara I Halfmoon kombinasi Dan Grand Champion Halfmoon
Grand Champion Plakat di gondol oleh ikan plakat Bebas Terang milik Johan Purnomo Semarang.
Juara I Plakat bebas Terang Dan Grand Champion Plakat
 
Grand Champion Open di bawa pulang oleh ikan Giant Junior Bebas Terang Milik Hendry Sutrisno Jakarta.
Juara I Junior Bebas Terang Dan Grand Champion open

Sedangkan Juara Umum di rengkuh oleh Hendry Sutrisno seorang newbie Jakarta yang baru pertama kali melawat ke daerah dengan Total Poin 386.

Setelah kontes selesai gue pun langsung mempersiapkan lelang  ikan, ikan-ikan yang di lelang adalah ikan-ikan yang Juara, nominasi ataupun ikan yang tidak ikut lomba milik para pesert yang memiliki prospek bagus untuk kontes. Tercatat dua transaksi besar terjadi, Ikan Grand Champion Serit merah yang di buka dengan harga rp 1,000,000 terjual Rp. 2,350,000 kepada Hendra Satelite Surabaya, lumayan kaget juga gue karena harga ini cukup fantastis untuk seekor serit di zaman ini, belom hilang kekagetan gue, Seekor Giant peraih Best open yang di buka dengan harga Rp. 1,000,000 membumbung tinggi harganya karena banyak para hobbiis yang berebut, bahkan salah seorang hobbiis ikan Koi yakni Henri Yuwono dari Surabaya ikut bernafsu menawar hingga diangka Rp 5,000,000, namun akhirnya ikan ini terjual kepada Hendra Satelite lagi seharga Rp. 5,150,000 bukan mainnn serunya lelang ini, dan setelah kontes pun terdengar kabar lagi bahwa ikan Giant tersebut di beli lagi oleh salah seorang Hobiis dari Pantura seharga Rp. 8,250,000 weleh mantab nian!

Pak hendra Satelite Bersalaman Dengan Pak Jhony Haryono dari Dirjen P2HP Saat Memenangkan lelang Giant grand Champion Open Seharga Rp. 5,150,000


 
Setelah acara lelang selesai gue pun langsung balik ke homestay lagi untuk istirahat, namun berhubung ini malem minggu banyak sahabat-sahabat hobbiis yang tidur di homestay akhirnya gue jadi gak bisa langsung tidur tapi asyik ngobrol danbecanda seru dengan para sahabat-sahabat hobiis, ini lah salah satu yang gue suka di dunia hobby ini, begitu akrab dan kentalnya suasana persaudaraan antar sesama hobbiis cupang hias, suasana ini lah yang sering gue rinduin saat gue lagi vakum gak main.

Minggu 29 April 2012
Kali ini gue bangun gak kesiangan lagi hehehe, jam 9 pagi gue dah berangkat ke arena untuk seremonial pengambilan Trophy yang akan di Serahkan langsung oleh Dirjen P2HP Bapak Ir. Saut P Hutagalung M,Sc dan Dirjen Perikanan dan Budidaya Bapak Dr, Ir. Slamet Soebjakto Msi yang juga sekaligus akan menandatangani Piagam Deklarasi Asosiasi Betta Indonesia sebagai Saksi. 



Gue dan Bang Edi Mewakili Klub/Perkumpulan membacakann Piagam Deklarasi ABi Dihadapan Bapak Dirjen P2HP (No 2 dari kanan) Dan Bapak Dirjen Perikanan Budidaya Paling Kanan Batik Merah)


Bang Edi Sudardjat menandatangani Piagam Deklarasi ABI
Dan Sejarah pun tercipta di Surabaya, betapa bangga dan senangnya gue menyaksikan kedua Dirjen tersebut menandatangani Piagam Deklarasi ABI semoga ini menjadi titik bangkitnya kejayaan dunia hobby kita.

Makan-Makan Setelah Seremonialll hehehe mantabzz
Setelah selesai seluruh rangkaian acara kami pun langsung berangkat ke pasar genteng untuk membeli oleh-oleh, lalu mampir sejenak ke rumah bos Hendra Satelite dan setelah kami makan di sebuah warung pinggir jalan kami pun menuju ke bandara Juanda, Waktuunyaza pulaaaaangggggg… Tapi setibanya di Bandara ternyata pesawat kami sudah gak ada.. hadeuhhhhhhhhhhhhhhhhh akibat miss kordinasi, terpaksa kami kembali ke homestay, dan nginep semalam lagi.. nasibb nasibb ckckckckck.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada panitia kontes, para penghobiis dan seluruh klub yang telah mendukung acara BERSEJARAH ini. 

Pak Jhony Haryono (kiri) Dan Pak Aritonang
Dan tidak lupa kami ucapkan Terimakasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Jhony Haryono  Serta Bapak Aritonang yang telah mensupport penuh seluruh kegiatan ini, serta memotivasi kami!

Terimakasih juga untuk Ahmad Rifai serta Faqih Agrobis atas foto-fotonya!

Bonus Foto 
Hajjarr Terouzzzzzzz

Pengorbanan Demi Hobby

Bukan main Abang kita yang satu ini


Daftar Juara bisa dilihat di : http://bettaholics.blogspot.com/2012/05/daftar-juara-kontes-cupang-hias-piala.html
Sampai Ketemu lagi pada kontes berikutnyaaa!~

3 komentar:

  1. wah wah, mantap mas Agung,

    btw, yg tiduran di lantai sape tu bg ?
    #miris,salut.
    Salam Cupang !!

    BalasHapus
  2. thx
    Itu Om Arthur Halix Razax sama Bang Rudy Aki, Duo Sapu Jagad.. :P

    BalasHapus
  3. Good ...mau gabung gimana caranya bang, saya sudah hobby cupang 7 tahunan tapi buat seneng-seneng ajah sama anak dan tetangga, seru juga tuh bisa ikutan cari pengalaman dan ilmu budidaya cupang...salam Cupang Bang by Rahmat D Hode ( Pamulang -Tangsel )

    BalasHapus